Cara Bermain Google Adsense, Pemula Wajib Pahami

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia digital marketing pastinya sudah pernah tahu atau bahkan sudah menguasai apa itu google adsense.

Memasang Google Adsense bisa dilakukan di video-video YouTube maupun di laman blog.

Ada banyak keuntungan yang diraih ketika Anda mendaftar sebagai pengiklan maupun memasang iklan di website ataupun di video YouTube.

Saat ini yang akan dibahas adalah spesifik tentang cara bermain Google Adsense pada blog.

Mengapa? Ketika ingin mengakses suatu informasi tertentu, anda akan langsung menuju ke situs mesin pencari, seperti Google bukan? Hasil pencarian Google pun kebanyakan berisi website-website yang relevan dengan informasi yang akan dicari oleh pengguna.

Namun, tak semua orang yang memiliki website paham dengan Google Adsense. Maka dari itu, berikut beberapa hal dasar yang perlu diketahui bagi pemula yang akan mendalami Google Adsense.

 

Apakah Google Adsense Itu?

Secara sederhana, Google Adsense adalah program layanan iklan berbasis online, di mana sang publisher (pemasang iklan) akan memperoleh imbalan atas iklan yang ditayangkannya.

Peletakkan Google Adsense sendiri tergantung dari si pemiliki website atau video.

Jika di website, iklan bisa ditaruh di sisi kanan, kiri, tengah artikel, berupa pop-up dan sebagainya. Kaau di video, iklan bisa saja muncul di kombinasi awal, tengah maupun terakhir video.

Google Adsense didirikan tanggal 4 Maret 2003 setelah Google mengakuisisi Pyra Labs sebulan sebelumnya pada tahun yang sama.

Google Adsense mendukung penggunaan Bahasa Indonesia tanggal 1 Februari 2012.

Google Adsense sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Adsense hosted (pemasangan iklan di video-video YouTube) dan Adsense non hosted (pemasangan layanan iklan di website).

 

Cara Bermain Google Adsense Blog

Dikutip dari FAQ Google Adsense, terdapat 3 tahapan cara kerjanya. Pertama, sediakan ruang berupa kolom di website Anda aar Google bisa menayangkan iklan-iklannya.

Peletakan iklan terserah dari si publisher. Tapi biasanya, akan ada kolom tertentu seperti di header atau bagian atas artikel, tengah-tengah artikel, sisi samping artikel atau di sidebar dan footer atau bagian bawah website.

Nantinya setelah pengajuan website diterima, pihak Google Adsense akan memberikan link atau kode yang bisa dipasang di kolom iklan. Tayangan iklan pun akan muncul dengan sendirinya.

Namun, tidak semua website dapat diterima oleh Google Adsense. Langkah kedua adalah Google akan menentukan iklan dengan harga termahal yang akan muncul di kolom website Anda.

Langkah terakhir, Anda bisa memperoleh bayaran hasil dari penayangan iklan di website tadi.

 

Keuntungan Memonetisasi Blog Dengan Google Adsense

Ada banyak sekali situs-situs pendaftaran iklan online yang bisa dipasang di website Anda. Tak melulu dari Google Adsense saja.

Akan tetapi, dari keseluruhan layanan pemasangan iklan tersebut, Google Adsense menempati urutan nomor wahid dan favorit di kalangan blogger.

Baik blogger profesional maupun blogger yang masih pemula dan awam tentang apa itu google adsense pun tertarik untuk mendaftarkan websitenya.

Monetisasi website di sini lebih ke arah penghargaan berupa bayaran atas konten dan informasi yang telah diberikan dari sang pemilik situs.

Anda bisa memperoleh uang dari iklan yang dipasang di website Anda. Google Adsense akan memilih iklan yang sesuai dengan niche atau tema konten website Anda.

Misalnya Anda mempunyai website yang kontennya tentang review gadget. Maka besar kemungkinan, website Anda akan terpampang iklan tentang produk-produk smartphone terbaru dari brand tertentu.

Jadi, ide-ide dan informasi yang tertuang di dalam tulisan Anda akan lebih berharga dan tak sia-sia. Sambil menyelam minum air, sambil menulis maka pundi-pundi uang akan tetap mengalir.

 

Jenis Iklan Dari Google Adsense Yang Bisa Dipasang Di Blog

Ada beberapa jenis tayangan iklan di Google Adsense. Anda bisa memilih variasi iklan tersebut yang tampil di kolom website.

Di antaranya adalah iklan berupa judul atau teks yang terdiri dari beberapa baris saja. Selanjutnya iklan berbentuk gambar atau foto produk yang ditampilkan diam atau statis.

Iklan berjenis multimedia (berbentuk flash atau video singkat) juga memungkinkan untuk ditampilkan di sisi sidebar website Anda.

Iklan jenis multimedia ini juga bisa berupa gambar animasi yang bergerak dan disertai dengan audio.

Yang terakhir adalah iklan dengan link tautan yang topik iklannya sesuai dengan konten website Anda. Jika ada pengunjung yang meng-klik iklan ini, Anda akan memperoleh bayaran dari hasil klik tadi.

 

Kriteria Blog Yang Diterima Oleh Google Adsense

Google Adsense tidak serta merta menerima semua permohonan website atau blog yang akan menayangkan iklannya.

Tentunya ada beberapa kriteria khusus. Setiap website yang mengajukan penayangan iklan harus menunggu dengan rentang waktu yang berbeda.

Hal ini karena pihak Google Adsense harus menyeleksi dahulu website mana yang menurut mereka layak. Lantas, bagaimanakah kriteria blog yang bisa diterima oleh Google Adsense?

Sayangnya, sampai saat ini tidak ada yang tahu pasti kriteria tersebut. Baik yang sudah paham mengenai apa itu google adsense hingga yang masih coba-coba, approval ini masih menjadi misteri.

Ada beberapa pengalaman dari para blogger lain yang sudah berpengalaman dalam mendaftar Google Adsense.

Tipsnya adalah membuat website dengan konten yang spesifik disertai dengan artikel berkualitas. Jumlah artikelnya pun beragam.

Ada yang sudah ratusan artikel bisa diterima, bahkan ada yang masih belasan artikel juga sudah diapprove.

Untuk masalah domain, kebanyakan yang memperoleh approval dalam waktu singkat adalah yang telah memiliki TLD alias memakai domain berbayar (seperti .com, .net, .id dan lain-lain).

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa blogger pemula dengan domain gratisan seperti blogspot bisa disetujui.

 

Cara Daftar Dan Memasang Google Adsense Pada Blog

Mendaftar Google Adsense tergolong mudah. Kunjungi situs Google Adsense dan buatlah akun. Lalu terdapat form online yang berisi situs website, asal negara, alamat dan lain-lain.

Pastikan Anda mengisi dengan benar agar tak terjadi kesalahan ketika nanti hasil dari Google Adsense telah cair.

Lalu setelah masuk dashboard, akan ada kode HTML yang harus Anda salin di website Anda. Jangan sampai salah input karena kode ini akan berpengaruh ke tampilan iklan.

Setelah itu, centang kotak dialog dan klik done. Hal ini bertujuan agar Google Adsense bisa melakukan review apakah website atau blog Anda layak untuk dipasang iklan atau tidak.

 

Sabar Menunggu Approval Dari Google Adsense

Setelah melakukan proses registrasi dan pengisian form, tidak ada pilihan lain kecuali sabar menunggu.

Namun, sambil menunggu proses approval dari Google Adsense, Anda selaku calon publisher bisa melakukan optimasi website.

Anda bisa menambah konten dengan artikel berkualitas yang isinya bersifat ramah pengguna.

Artikel jenis ini pasti disukai oleh Google dan bisa membuat website Anda muncul di halaman awal mesin pencarian. Publisher tidak akan tahu berapa lama proses approval Google Adsense.

Ada yang hitungan minggu bahkan ada yang sampai bulanan.

Bisa jadi pula permohonan aplikasi Anda ditolak. Anda akan memperoleh email pemberitahuan apakah pengajuan Google Adsense diterima atau ditolak yang disertai dengan alasan penolakannya.

 

Proses Pembayaran Google Adsense Blog

Setelah Anda memperoleh email permohonan diterima, kini saatnya Anda memasang iklan.

Anda bisa memilih tipe iklan, warna latar belakang, border, hiasan lain hingga ukuran tampilan iklan yang sesuai dengan website.

Setelah semua konfigurasi selesai, klik simpan dan salin kodenya. Itulah tadi beberapa ulasan singkat dan mendasar tentang apa itu google adsense bagi pemula.

Leave a Comment