15 49.0138 8.38624 arrow 0 both 0 4000 1 0 horizontal http://leakeylife.com 300 4000 -
Please assign a Header Menu.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Apa Itu WordPress

Bagi kamu yang sudah lama terjun di dunia website, kamu pasti sudah paham dengan apa itu wordpress. Namun, bagaimana dengan kamu yang baru akan memulai untuk terjun di dunia perwebsitean? Apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan website?

Secara umum, wordpress merupakan salah satu platform yang memiliki peran yang sangat penting dalam dunia website. Sebab wordpress adalah salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah website. Selain itu pun masih ada banyak manfaat lain dari penggunaan wordpress.

Kira-kira apa saja manfaat yang dimaksud? Lalu dalam pengertian umum apa itu wordpress? Bagaimana sejarah dan informasi menarik lain tentang wordpress? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, mari simak beberapa penjelasan singkat mengenai wordpress berikut ini.

 

Pengertian WordPress Secara Umum

Seperti halnya yang mungkin telah kamu ketahui, ada banyak sekali pengertian dari wordpress yang mungkin membuat kamu semakin penasaran atau bahkan malah tambah bingung dengan pengertian wordpress. Sebab ada banyak pengertian wordpress yang disisipi dengan kata-kata asing yang cukup asing diucapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, adakah pengertian sederhana tentang apa itu wordpress? Secara umum wordpress diartikan sebagai salah satu platform yang menjadi bagian dari CMS ( Content Management Website ). Sehingga dapat dikatakan bahwa wordpress merupakan salah satu platform yang dimanfaatkan untuk pembuatan website dan blog dengan cara yang mudah dan sederhana.

WordPress terkenal mudah dan sederhana karena menjadi salah satu platform pembuatan blog dan website yang tak membutuhkan coding html dalam proses pembuatannya. Padahal sudah menjadi sebuah rahasia umum bila coding merupakan hal yang cukup sulit untuk dipelajari, bahkan untuk yang telah lama berkecimpung di dunia perwebsitean.

Sehingga wordpress tentu akan sangat membantu kamu, khususnya bagi kamu yang baru mulai belajar membuat website ataupun bagi kamu yang ingin terjun dalam dunia website dan blog.

Tak hanya itu, platform yang dibuat  oleh Matt Mullenweg dan Mike Little ini, bersifat open source. Artinya wordpress merupakan  sebuah platform gratis dan bebas di modifikasi oleh penggunanya. Bahkan oleh siapapun yang menggunakan wordpress. WordPress juga memiliki plug in yang mudah dan bisa ditambahkan fitur-fitur yang menarik hanya dalam sekali klik saja.

 

Sejarah Singkat WordPress

WordPress pertama kali dirilis pada tahun 2004, namun ide pembuatan wordpress sendiri sudah dimiliki oleh pendirinya sejak tahun 2003. Awal pembuatan wordpress cukup menarik. Pada saat itu, Matt Mullenweg dan Mike Little berkolaborasi serta berusaha untuk membuat sebuah platform blogging baru. Platform ini ditujukan sebagai pengganti dari b2 / cafeblog.

Kala itu, b2 / cafeblog sedang dihentikan dan menjadi sebuah proyek yang ditinggalkan. Sehingga Matt dan Mike memutuskan untuk tetap mempertahankan proyek yang telah ditinggal tersebut serta mengambil alih dan mengembangkannya kembali dengan cara mereka sendiri.

Usaha tersebut terus dilakukan sampai akhirnya di tahun 2004 keduanya berhasil merilis wordpress versi pertama. WordPress versi pertama ini dikenalkan dengan nama wordpress 1.0. Waktu itu, wordpress 1.0 hanya menawarkan beberapa opsi yang kini menjadi fitur utama dari wordpress.

Fitur-fitur yang dimaksud, seperti halnya permalink, proses install yang mudah, modernisasi komentar dan beberapa fitur utama wordpress masa kini lainnya. Sehingga bukan hal yang aneh bila wordpress versi pertama memiliki penampilan yang jauh berbeda dari wordpress yang kamu kenal saat ini.

Jauhnya perbedaan tampilan wordpress tentunya tak lepas dari perkembangan yang terus dilakukan. Bahkan dari tahun 2004 sampai saat ini, sudah tidak terhitung berapa kali wordpress mengalami transformasi. Apalagi, kini wordpress telah dikembangkan, dikelola dan di maintenance oleh komunitas open source yang terdiri dari ribuan pengguna.

Akibatnya wordpress terus mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik. Bahkan setiap dua atau tiga bulan sekali, wordpress akan mengalami perkembangan yang cukup signifikan, berupa penambahan fitur dan sistem keamanan terbaru serta mengeluarkan versi model terbarunya itu.

 

Manfaat WordPress

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari penggunaan wordpress. Namun secara umum ada 4 manfaat utama dari penggunaan website. Keempat manfaat tersebut, terdiri dari :

  1. Digunakan Untuk Membuat Blog maupun Website Pribadi
  2. Berguna Untuk Membuat Website Perusahaan
  3. Pembuatan Website Toko Online, serta
  4. Membuat Website Bisnis

Kelebihan WordPress

Tak hanya bermanfaat dalam kepentingan pembuatan website ataupun blog, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan komersial. WordPress juga memiliki banyak hal yang lebih baik dibandingkan CMS jenis lain. Sehingga sudah menjadi hal yang lumrah bila wordpress cukup banyak diminati oleh para pembuat website. Bahkan untuk orang yang sedang belajar. Namun, sebenarnya apa saja kelebihan yang dimaksud?

Beberapa kelebihan wordpress, meliputi :

  1. WordPress memiliki banyak jenis pilihan tipe website yang akan dibuat. Hal ini dikarenakan wordpress dapat membantu kamu dalam pembuatan blog sederhana, situs e-commerce, portofolio, newspaper atau berbagai tipe website lainnya.
  2. Software gratis dengan kualitas yang tinggi.
  3. Memiliki software antar muka yang intuitif. Sehingga kamu bisa lebih mudah dalam mempelajari cara penggunaan wordpress tanpa harus mengalami kesulitan yang berarti.
  4. Platform pembuatan website terfavorit. Sekitar 30% website di seluruh dunia dibuat menggunakan wordpress.
  5. Membantu pembuatan serta penerbitan konten menjadi lebih mudah. Bahkan semudah menjentikkan jari.
  6. Digunakan oleh banyak perusahaan besar dan pesohor dunia.
  7. Open source. Sehingga bisa digunakan oleh siapapun, dan
  8. Kelebihan-kelebihan lainnya.

 

Alasan WordPress Sangat Populer dalam Pembuatan Website

Selain memiliki banyak manfaat dan kelebihan masih ada beberapa alasan utama, mengapa wordpress sangat populer dalam pembuatan website. Alasan-alasan tersebut terdiri dari :

  1. Cocok untuk semua orang. Baik itu pemula maupun ahli di bidang pembuatan website.
  2. Memiliki komunitas besar dan forum diskusi dalam jangkauan yang luas.
  3. Memiliki banyak tema yang menarik, dan
  4. Lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari beberapa uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa wordpress merupakan sebuah solusi yang sangat praktis untuk membuat website. Khususnya bagi kamu yang baru belajar dan memulai pembuatan website untuk pertama kali. Hal ini tentunya tak lepas dari penggunaan wordpress yang mudah dan dapat digunakan oleh semua orang, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Terlebih penggunaan wordpress untuk membuat blog ataupun website baik pribadi maupun untuk kepentingan bisnis sangat mudah, cepat dan setiap penggunanya pun tak perlu memahami coding untuk dapat membuatnya.

Bahkan ada banyak tutorial pembuatan website ataupun blog via wordpress yang dapat kamu akses. Selain itu, ada pula forum diskusi. Sehingga kamu tak perlu khawatir kesulitan dalam membuat website dan blog menggunakan wordpress meskipun baru kali pertama mencobanya.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai wordpress, manfaat, kelebihan serta alasan mengapa wordpress menjadi salah satu platform website yang populer di dunia bisnis website. Bagaimana? Apakah melalui ulasan di atas kamu sudah lebih paham dengan apa itu wordpress?