15 49.0138 8.38624 arrow 0 both 0 4000 1 0 horizontal http://leakeylife.com 300 4000 -
Please assign a Header Menu.

Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Di era modern jaman serba internet ini berjualan pun mudah dilakukan secara online. Barang jualannya pun bisa bermacam-macam. Berikut ini adalah langkah-langkah praktis untuk memulai bisnis online bagi pemula. Berjualan barang adalah bisnis yang paling mudah bagi pemula pelaku bisnis online.

 

Pilih Jenis Barang Jualan

Setelah menyediakan sambungan internet maka langkah awal berikutnya adalah dengan memutuskan barang jualannya. Langkah ini penting, setelah mendapatkan barang jualan yang tepat maka langkah selanjutnya bisa lebih mudah. Berikut ini adalah tips untuk menentukan barang jualannya.

 

Barang yang Banyak Dibutuhkan

Kebutuhan utama dasar manusia adalah pangan dan sandang. Bisnis di kedua bidang ini dapat dikatakan tak ada matinya. Pilihlah barang jualan yang banyak dicari dan sering dibutuhkan orang.

Bisa berupa makanan kecil ataupun lauk kering  atau minuman bubuk atau busana yang bisa berupa baju muslim bisa berupa kerudung atau jilbab instannya  atau gamis  atau baju anak-anak, kaos, atau daster, baju tidur, legging, rok, celana dan atasannya atau tas atau dompet hingga pernak-pernik aksesorinya seperti cincin, jam, gelang, kalung, sabuk dan lain sebagainya  atau bisa juga berbagai peralatan rumah tangga seperti keset  atau lap, atau sendok garpu, pisau dapur, gunting  atau berbagai peralatan tulis menulis dan sekolah atau buku dalam berbagai tema tulisan dan lain sebagainya.

 

Barang yang Mudah Didapat

Barang yang akan dijual tersebut selain merupakan barang yang banyak dibutuhkan orang juga harus dipastikan bahwa barang tersebut cukup mudah didapatkan, karena sebagai penjual haruslah bersiap untuk menyediakan barang jualannya tiap saat ada konsumen tang memesan dan hendak membelinya. Sehingga perlu diperhatikan unsur ketersediaan pasokan barangnya secara lancar. Bisa berupa produk sendiri ataupun mengambil dari produksi pihak lain.

 

Barang yang Awet dan Ringan

Salah satu kunci sukses bisnis online adalah pada proses pengirimannya  yang harus cepat dan murah biaya ekspedisinya. Sehingga pilihlah barang jualan yang awet bisa bertahan minimal hingga selama 3 hari, yakni waktu rata-rata yang diperlukan untuk mengirimkan barang pesanan hingga sampai ke tangan konsumen.

Barang tersebut juga sebaiknya ringkas, tidak terlalu besar dan juga cukup ringan sehingga tidak akan terlalu mahal biaya kirimnya. Perlu diingat bahwa sebagian besar transaksi bisnis online itu gagal atau batal dikarenakan ongkos biaya kirim yang terlalu besar.

Siasati barang yang mudah rusak atau mahal biaya kirimnya agar bisa lebih awet dan lebih ringkas jika masih ingin menjualnya secara online.

Baik itu dari luar yakni perbagus kemasannya maupun dari dalam yakni dari produknya itu sendiri, seperti untuk minuman rempah maka bisa dibuat versi keringnya dalam bentuk bubuk minuman rempah sehingga akan mudah dalam pengirimannya dan lain sebagainya.

 

Pilih Media Untuk Berjualannya

Langkah berikutnya setelah menemukan barang yang hendak dijual ialah memilih media atau tempat jualannya. Bisa langsung bergabung pada salah satu marketplace yang sudah ada, yakni seperti Bukalapak  atau Shopee atau Tokopedia dan lain sebagainya. Bagi pemula hal ini adalah yang paling praktis dan mudah.

Cukup upload barang jualannya setelah mendaftar dan membuka toko online di salah satu atau beberapa marketplace tersebut. Kelak jika bisnisnya sudah mulai membesar maka lalu bisa membuat website sendiri guna menjalankan bisnis tersebut secara lebih eksklusif.

Namun jangan pernah tinggalkan toko online di berbagai marketplace itu juga sebagai pelengkapnya karena potential buyer yang bisa didapat lewat berbagai marketplace tersebut cukup besar. Bukalah toko online tak hanya di satu marketplace saja, guna menjaring lebih banyak pelanggan.

Tak ada ruginya membuka toko online di berbagai marketplace tersebut karena gratis dan juga tiap marketplace akan  menawarkan dan menyediakan berbagai fasilitas penunjang kelancaran bisnis jualan yang beragam, mulai dari adanya cashback, atau promo dan diskon juga hingga program free ongkos kirim hingga iklan dan lain sebagainya yang biss meningkatkan penjualan.

Tentunya akan sangat sayang sekali jika berbagai fasilitas tersebut dilewatkan begitu saja. Selain itu juga terdapat beberapa konsumen yang fanatik terhadap salah satu marketplace sehingga jika toko online tidak juga dibuka di marketplace tersebut maka calln buyer  konsumen potensial tersebut tidak bisa terlayani.

 

Memilih Nama Toko Online

Pilih nama toko online yang tepat, yakni yang menarik namun mudah dieja dan mudah diingat oleh para konsumen. Hendaknya namanya tidak terlalu umum namun cukup spesifik, sesuai ciri dan bisa mencerminkan jenis produk jualannya serta tidak terlalu rumit dan terlalu panjang.

Usahakan juga nama toko online tersebut sama di tiap marketplace. Bisa dilakukan riset terlebih guna mengetahui apakah nama tersebut telah dipergunakan oleh penjual lain di marketplace yang satu dan lakukan juga riset di marketplace yang lain. Hindari penggunaan nama toko online yang mirip dengan toko online lain yang telah ada.

Pilih sinonim kata jika ada kata-kata yang sudah sangat umum dan sangat populer digunakan oleh banyak toko online yang lainnya. Pilih nama yang unik dan khas namun tidak terlalu rumit dan terlalu panjang sehingga pelanggan pun mudah untuk mengingatnya, pilih juga nama toko online yang bisa membuat orang lalu ingat dengan jenis produk barang yang dijual di toko online tersebut.

Seperti contohnya nama toko online Baju Anak itu sudah sangat umum sehingga bisa dibuat nama lain seperti toko Busana Si Kecil misalnya  dan lain sebagainya.

 

Stand By dan Siap Kirim

Langkah berikutnya setelah membuka toko online adalah selalu siap dan rajin membaca chat dan order pesanan yang masuk, dan lalu segera mengirimkan barangnya ke alamat masing-masing tiap pemesan. Lalukan secara teliti meski dilakukan dengan segera, namun jangan sampai tertukar atau terjadi salah kirim barang atau salah alamat pengiriman dan lain sebagainya yang akan bisa membuat pembeli kecewa.

Pastikan untuk menyediakan menu pilihan yang lengkap dan detail mengenai produk yang dijual pada menu pesanan, lengkapi dengan fotonya juga. Contohnya untuk produk keset misalnya  maka sediakan menu untuk memilih pesanan yakni keset bermotif A atau motif B atau motif C dengan warna 1 atau warna 2 atau warna 3 dan juga ukurannya yakni bisa ukuran kecil  atau sedang atau besar.

Sediakan pilihan serinci mungkin, sehingga pembeli akan mudah untuk memilihnya sesuai selera dan kebutuhannya. Jangan lupa untuk selalu up date dengan jumlah stoknya. Jangan sampai pembeli yang sudah terlanjur memesan menjadi kecewa karena barangnya yang sudah habis atau sedang kosong stoknya tapi masih dijajakan untuk dijual.

Sediakan juga pilihan untuk membeli barang secara random, guna pembeli yang tidak terlalu pemilih dan menyukai apapun jenis varian barangnya. Cek kondisi barang yang hendak dikirim  jangan sampai ada yang cacat atau kurang agar tidak membuat pembeli kecewa dan juga guna meminimalkan komplain dan merugi karena harus mengirim ulang dan mengganti barang yang tidak sesuai atau cacat atau mengalami kerusakan.

Cobalah untuk memulainya segera, karena bisnis online itu sebenarnya mudah sekali dilakukan bahkan tanpa perlu modal yang cukup banyak. Hanya perlu jaringan internet saja dan semangat serta kemauan dan tekad yang kuat. Ketika ada kemauan pasti akan ada jalannya.