Manfaat Personal Branding di Era Digital

Yang disebut personal branding adalah proses kita untuk menggali hal-hal yang unik tentang diri kita (brand diri sendiri), lalu menyampaikan kepada konsumen/audiens dengan tepat.

Branding adalah suatu hal yang penting untuk semua bisnis atau usaha sebagai salah satu bentuk identitas.

Personal branding sangat Manfaat Personal Branding Di era digital seperti sekarang ini dan berpengaruh besar bagi perusahaan pada era-era sekarang ini, bahkan ada beberapa perusahaan yang sampai rela membuang dananya yang besar hanya untuk menanyakan ataupun berkonsultasi pada konsultan branding.

 

Membangun Personal Branding Sangatlah Penting 

Membangun personal branding juga berguna bukan hanya untuk orang lain tetapi untuk diri sendiri pun sangatlah berguna, manfaatnya ialah untuk membangun rasa percaya diri anda, untuk membangun kredibilitas anda, membantu memperluas koneksi anda, membuat orang lain nyaman dengan bekerja  sama anda dan juga menunjukkan keaslian diri.

 

Alasan Yang Mampu Mengubah Diri Anda Untuk Menjadi Pribadi Yang Personal Branding

  • Personal Branding Sebagai Pembeda Kita Dengan Orang Lain

Jikalau anda sedang bekerja sebagai marketer ataupun freelancer yang menjual produk anda melalui media sosial, atau anda yang bekerja di bagian personal development, maka dari itu personal brandinglah yang membedakan anda dengan saingan-saingan anda.

Dengan menjadi pribadi yang memiliki personal branding yang bagus otomatis menjadikan diri atau produk anda akan terlihat berbeda dan lebih menarik dari pesaing anda. hal ini dapat terjadi hanya dari tulisan anda yang berkualitas akan personal branding yang anda miliki.

Orang-orang juga akan merasakan jika produk anda bagai magnet yang menjadikan mereka ingin mengetahuinya lebih detail. Karena anda memasang tulisan yang berbeda dari pesaing anda.

  • Membantu Memperluas Koneksi Pada Diri Anda

Orang yang memiliki personal branding yang sangat baik akan mudah menarik perhatian orang lain bagaikan magnet, sehingga orang di media sosial akan berlomba-lomba agar menjadi teman anda ataupun follower anda.

Pada proses ini terjadi yang Namanya konektifitas orang pada diri anda dengan orang lain, dan apabila personal brand anda bagus maka akan menimbulkan kepercayaan dan transaksi bisnis bisa berjalan, semakin bertambahnya kepercayaan terhadap diri anda makin bertambahlah orang yang ingin membeli pada anda.

  • Personal Branding Meningkatkan Authority

Pada umumnya apabila personal brand anda bagus maka tingkat authority anda juga bagus, bila authority seseorang tinggi maka apapun yang diucapkannya akan didengar oleh audiencenya, baik itu berupa saran ataupun permintaan,  audiencenya akan mendengarkan dan melakukan saran dan permintaan tersebut.

  • Sewa Photographer Dan Pasanglah Foto Profil Yang Profesional Menurut Anda

Pada zaman yang serba digital ini foto profil merupakan identitas yang pertama kali terlihat oleh orang banyak, karena itulah pada bagian ini disarankan anda untuk memiliki foto yang profesional, foto dengan berpakaian formal bila dirasa perlu.

  • Belilah Domain Yang Sangat Cocok Untuk Anda Gunakan

Hal pertama yang harus menjadi strategi anda dalam membangun personal branding adalah membeli domain yang akan cocok pada nama anda, domain .com lah yang paling banyak dipakai orang-orang, karena para petinggi-petinggi di dunia yang sangat mempunyai personal branding baik juga menggunakan cara ini.

Jika anda sudah memiliki nama untuk domain anda, sesegera mungkin untuk membelinya supaya tidak didahului oleh orang lain.

Tetapi apabila nama domain anda sudah digunakan oleh orang lain, anda tak perlu risau, anda bisa saja memperoleh domain lain yang tentu saja masih terdapat nama anda,  dan tambahkan web, blog, ataupun nickname, dan juga bila perlu kata-kata slogan yang menjadi personal branding anda.

  • Buatlah Email Yang Profesional Untuk Anda 

Untuk mengembangkan potensi diri maupun produk yang anda tawarkan maka selain mengembangkan personal branding anda maka anda juga harus membuat tampilan email anda terlihat profesional.

Biasanya tampilan email seperti ini langsung dapat menyita perhatian target atau konsumen anda. Dalam hal ini anda bisa saja menggunakan platform dari email seperti @yahoo.com atau @gmail.com yang biasanya digunakan.

Tapi hanya sebatas platformnya saja. Anda hanya tinggal melakukan redirect dan setelah itu membuat email anda dengan menggunakan domain anda sendiri.

Tentu saja alamat email anda yang terlihat professional bisa menjadi hal yang menarik pada pandangan pertama akan target anda atau calon konsumen.

Hal ini sudah menjadi kemenangan awal anda dalam menarik perhatian dan menjadi pembeda dengan pesaing anda.

Jika anda rasa hal ini masih belum sempurna maka anda juga dapat memanfaatkan layanan akan email marketing yang didalamnya terdapat layanan Kirim Email yang dapat digunakan untuk berlangganan email marketing dengan layanannya yang disediakan.

  • Promosi Pada Berbagai Media

Anda juga dapat melakukan pergantian media dalam mempromosikan akun social serta website yang dapat digantikan atau bergantian.

Jika anda memiliki beberapa akun, seperti telegram, facebook, Instagram dan lainnya, maka anda dapat mempromosikan akun-akun tersebut dengan sistim saling silang.

Disaat anda mempromosikan Instagram anda dan facebook anda maka anda dapat melakukannya melalui media melalui media telegram.

Begitu pula jika anda akan mempromosikan telegram anda maka anda lakukan melalui akun facebook anda dan begitu seterusnya.

Cara ini tentu saja efektif karena anda adalah pemilik yang sama dan mudah mempromote akun anda sendiri.

Karena bisa saja follower anda atau relasi pada akun-akun tersebut berbeda-beda baik dari pekerjaan ataupun latar belakang mereka.

  • Pastikan jika username anda aman 

Melalui berbagai situs yang anda miliki, anda dapat melakukan pengecekan akan keamanan nama atau berbagai username yang anda miliki.

Jika terdapat pemanfaatan nama atau username anda oleh pihak lain maka anda dapat segera melakukan klaim akan hal tersebut.

  • Paparkan Sesuatu yang Menjelaskan Potensi dan Kualitas Produk yang  Anda Tawarkan dan Pasarkan. 

Dengan menggunakan kata-kata singkat namun langsung mengena dan melejitkan produk anda seperti kata Profesional, tangkas, loyalitas atau lainnya yang langsung menarik perhatian yang membacanya.

Kata-kata promosi tersebut meski hanya singkat namun dapat terkesan secara tegas akan pesan yang anda ingin sampaikan.

Personal branding juga akan terlihat sebagai branding anda atau bisa juga terlihat menjadi tema produk anda.

  • Terekam pada Google

Nama yang terekam atau terindex pada google akan membuat pengunjung mudah menemukan nama anda.

Sehingga ketika orang lain mengetik nama anda  maka akan mudah terlacak dan mudah ditemukan.

Juga akan muncul pada halaman pertama dari mesin pencarian google. Pastikan jika hal itu sudah anda lakukan atau segera lakukan optimasi website serta akun anda.

Selamat meniti sukses dengan personal branding yang ok dan tetap jaga kreatifitas dalam melakukan inovasi terhadap akun yang anda miliki sebagai Manfaat Personal Branding Di era digital saat ini.

Leave a Comment