Apa itu Domain dan Hosting? Simak Penjelasannya Disini!

Apa itu domain dan hosting?—Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan lebih mudah dan praktis. Khususnya dengan adanya media gadget dan internet yang semakin hari semakin banyak manfaat yang diberikan.

Dunia maya saat ini memegang peranan yang sangat penting. Dengan adanya sosial media, interaksi menjadi semakin nyata dan membentuk dunia baru dimana setiap orang bisa saling terkoneksi.

Tidak hanya itu, saat ini banyak bisnis yang mulai dijalankan melalui media sosial maupun website.

Terkait website, kita sering mendengar istilah domain dan hosting disebut. Apa itu domain dan hosting? Mengapa saat kita akan membangun website, kita memerlukan domain dan hosting? Kenapa tidak memakai domain saja atau hosting saja agar tidak ribet? Ada tidak domain atau hosting gratis?

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sering kali diajukan oleh mereka yang memang masih baru di dunia per-website-an.

Baik domain maupun hosting, dua-duanya diperlukan dalam membangun website yang tujuannya tidak lain adalah agar website yang Anda kelola dapat di akses dengan lancar secara online dan mudah ditemukan.

Tentu saja Anda sebagai pemilik website, apalagi yang membangun website tersebut dengan tujuan bisnis, tentu ingin agar website selaku lapak online Anda di akses banyak pihak. Simak yuk apa saja perbedaan mendasar domain dan website berikut ini:

 

Domain

Apa definisi domain? Domain adalah nama atau alamat dari website yang Anda kelola saat ini. Domain adalah identitas sebuah website.

Domain inilah yang dikenali dan kemudian di input dalam mesin pencari untuk menemukannya.

Tanpa domain, website Anda anonim, dan pengunjung pun akan sangat kesulitan untuk menyebutnya, apalagi menemukannya.

Dalam praktiknya, ada dua jenis domain. Yaitu domain global atau yang biasa disebut dengan gTLD, dan domain ccTLD atau domain id.

Domain global (gTLD) adalah domain yang sifatnya tidak bersyarat. Biasanya domain ini diakhiri dengan .com, .net, .org  dan  masih banyak lagi.

Lain halnya dengan domain ccTLD yang bisa dikata domain lokal yang dalam pemakaiannya bersyarat. Beberapa contoh domain lokal adalah yang memiliki akhiran .co.id, my.id, .id, dan masih banyak lagi. Domain lokal dikelola oleh PANDI.

Perlu di ingat bahwa saat Anda akan membeli domain, ada baiknya jika Anda sudah memutuskan nama domain yang Anda inginkan terlebih dahulu. Ini akan sangat membantu agar nama domain tersebut tidak dipakai oleh orang lain.

Nama domain yang sudah digunakan tidak bisa digunakan kembali karena sifatnya satu domain hanya bisa dipakai untuk satu pengguna saja.

Cermati dan lebih berhati-hati lagi dalam melakukan pemesanan domain sebab biaya yang Anda bayarkan tidak bisa di refund jika terjadi kesalahan penulisan nama domain yang diinginkan.

 

Hosting

Apa itu hosting? Ada domain ada hosting. Keduanya saling bersinergi dalam dunia per-website-an. Gambarannya sepert ini.

Jika saat ini Anda sedang membangun sebuah kediaman, domain kita analogkan sebagai alamat rumah tersebut, sedangkan untuk hostingnya adalah kavling tanah dimana rumah tersebut akan kita bangun.

Ya, hosting adalah lokasi dimana kavling website akan kita letakkan saat ini.

Lebih jelasnya lagi, yang dimaksud dengan hosting adalah tempat yang kita gunakan untuk menyimpan file yang ada di website masing-masing.

Tujuannya tidak lain adalah agar file website ini bisa di akses kapanpun, siapapun dan dimanapun juga.

Oleh karena alasan tersebut, wajib kiranya file tersebut disimpan atau berada di dalam server hosting yang dipilih.

Agar server senantiasa bisa di akses dan tidak down, maka server harus full selama sehari semalam.

Server yang sedang down berpengaruh terhadap ketidakmampuan kita untuk mengakses file yang ada di dalamnya. Satu lagi fasilitas yang di dapat saat Anda booking hosting di penyedia jasa terpercaya adalah adanya cPanel hosting.

Apa itu cPanel Hosting? Ini adalah kontrol panel yang dimanfaatkan untuk mengelola hosting dan domain website masing-masing yang dimanfaatkan untuk membangun subdomain, melakukan hosting web dan meng-forward domain, kelola SSL, membuat email domain, dan sekaligus mengatur kapasitas hosting agar lebih efektif dan efisien.

Singkatnya, perbedaan antara hosting dan domain tidak lain adalah terletak pada fungsi dari keduanya.

Hosting kita manfaatkan untuk meletakkan file yang kita miliki baik itu gambar, script website, video maupun database.

Lain lagi dengan domain, dimana domain adalah nama dari website yang saat ini sedang kita bangun.

Atau, alamat dari website tersebut yang memudahkan untuk proses pencarian alamat website.

Manfaat dari keduanya adalah agar dapat di akses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun khususnya saat website dalam keadaan online.

Dalam memilih penyedia jasa domain dan hosting, Anda perlu perhatikan beberapa poin penting berikut ini:

  1. Perhatikan bagaimana kualitas servernya

Pertama adalah pertimbangkan kualitas servernya. Server yang bagus adalah yang cepat di akses, bisa diakses kapan dan dimanapun oleh siapapun dan tidak sering mengalami down.

Server yang down tentunya tidak bisa dimanfaatkan secara kontinyu dan ini akan sangat mengganggu  saat kita sedang membutuhkannya.

  1. Pilih customer service yang support 24 jam

Pertimbangan selanjutnya adalah pilih customer service  yang support 24 jam. Tujuannya tidak lain adalah agar saat Anda mengalami kendala, atau sedang mengalami masalah dengan website Anda, Anda bisa terhubung dengan pihak penyedia jasa kapan dan dimanapun juga saat Anda membutuhkannya.

  1. Pertimbangkan harga

Selanjutnya adalah jangan lupa untuk selalu pertimbangkan harganya. Lakukan seleksi beberapa penyedia jasa sekaligus dan pilih mana yang paling ekonomis diantara sekian banyak penyedia jasa yang ada.

Bandingkan fitur yang disediakan, pertimbangkan fasilitas apa yang ditawarkan, dan dapatkan harga yang paling ekonomis dengan kualitas pelayanan yang maksimal.

  1. Adanya garansi uang kembali

Pertimbangan selanjutnya adalah adanya garansi uang kembali. Ini akan menguntungkan kita sebagai klien.

Jika dalam praktisnya apa yang kita order ternyata tidak sebagus seperti apa yang kita harapkan, dan apa yang dijanjikan oleh pihak penyedia jasa, maka kita bisa meminta refund, dengan catatan salah satu fasilitas yang diberikan adalah adanya fasilitas garansi uang kembali.

Untuk itu, sangat perlu bagi kita untuk mencermati apa saja fasilitas yang ditawarkan terlebih dahulu.

  1. Review pelanggan

Penting kiranya untuk mengetahui bagaimana respons pelanggan sebelumnya. Kepuasan pelanggan sebelumnya adalah indikasi bahwa kualitas pelayanan yang diberikan adalah baik dengan hasil yang memuaskan.

Untuk itu, cobalah untuk terlebih dahulu mengetahui bagaimana respons pelanggan terdahulu dengan membaca testimoni di website masing-masing.

Apa itu domain dan hosting? Dengan memahami penjelasan di atas, agaknya keduanya adalah syarat yang kita perlukan saat membangun website.

Tujuannya tidak lain adalah agar website mudah di deteksi dan di akses oleh siapapun dan kapanpun juga. Pilih penyedia jasa terpercaya untuk pemesanan.