Apa Itu PayPal, Fungsi, Dan Keuntungan Yang Akan Didapatkan

Belanja online menjadi hal biasa yang banyak dilakukan orang. Apalagi saat ini banyak situs belanja online yang memenuhi kebutuhan setiap orang.

Hal tersebut juga tidak lepas dari perkembangan dan kemajuan dunia teknologi. Dalam hal ini transaksi juga dapat dilakukan secara online.

Salah satu metode pembayaran secara online adalah PayPal. Mungkin tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui apa itu PayPal?

 

Apa itu PayPal?

Apa itu PayPal adalah rekening virtual yang mempunyai layanan jasa transfer dan pembayaran online. PayPal mempunyai jaringan yang kuat hingga dapat melayani transaksi antar negara menggunakan surat elektronik online.

Umumnya mentransfer uang ke luar negeri harus menggunakan kertas seperti cek atau wesel pos dengan waktu yang juga terbilang cukup lama.

PayPal merupakan alat transaksi pembayaran virtual yang paling banyak digunakan.

Salah satu kelebihan PayPal yang banyak disukai oleh marketer online adalah PayPal memiliki tingkat keamanan yang cukup baik dan sangat terjamin daripada berbagai fasilitas lainnya yang serupa.

Seperti jenis transaksi lainnya yaitu online banking yang hanya didapat dilakukan antar negara terbatas saja, justru Paypal mempunya jaringan yang sangat luas antar negara sekalipun.

Hal ini lah mengapa PayPal banyak digunakan dalam bisnis online. PayPal dapat memberikan kemudahan untuk mengirim uang.

Selain itu juga dapat menjamin keamanan dan kenyamanan transaksi online dimanapun berada.

 

Fungsi PayPal

Selain mengetahui apa itu PayPal, fungsi PayPal juga sangat penting. Dalam penggunaannya PayPal menjadi alat transaksi online yang digunakan secara global.

Transaksi pengiriman dana akan semakin mudah kepada orang lain yang juga mempunyai rekening PayPal.

PayPal membuat segala jenis transaksi menjadi mudah, cepat, dan praktis.

Hal inilah mengapa banyak online shop atau situs belanja online menyediakan metode pembayaran PayPal bagi pelanggannya.

Selain itu PayPal juga dapat menjaga data rahasia diri saat melakukan kegiatan belanja online.

Pembayaran menggunakan PayPal dapat dilakukan tanpa memberikan informasi seputar perbankan misalnya data rekening atau kartu kredit yang Anda miliki.

Sehingga transaksi dapat berjalan dengan lancar dengan tetap menjaga rahasia data pribadi dengan aman. Sedangkan menggunakan rekening atau kartu kredit sangat berisiko akan berbagai tindak kejahatan online.

 

Kemudahan Bertransaksi Online Menggunakan PayPal

PayPal menjadi fasilitas online dalam bidang keuangan yang banyak dilakukan dalam transaksi online seperti mengirim dana atau belanja online.

Akan tetapi menggunakan PayPal mengharuskan Anda memiliki kartu kredit sebagai syarat saat verivikasi aku PayPal.

Sehingga Anda harus mempunyai kartu kredit terlebih dahulu sebelum membuat PayPal.

Sebagian orang menganggap hal tersebutlah yang sangat merepotkan, akan tetapi tentu saja manfaat yang didapatkan dari PayPal sangat besar bagi Anda nantinya.

 

Cara Membuat PayPal

Banyak orang yang tidak mengerti apa itu PayPal sehingga menganggap cara membuat PayPal akan sangat sulit dan merepotkan. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Mendaftar atau membuat aku PayPal sangatlalh mudah.

Anda tidak perlu repot datang ke kantor PayPal seperti membuat rekening di kantor bank, melainkan dapat dilakukan melaui handphone atau komputer dengan internet. Berikut ini adalah cara membuat PayPal antara lain:

  1. Mengunjungi website resmi PayPal

Langkah yang pertama adalah Anda harus masuk dalam website resmi PayPal yaitu www.PayPal.com. Kemudian Anda harus memilih menu daftar untuk membuat akun PayPal.

  1. Pilih jenis akun

Selanjutnya Anda harus menentukan jenis akun PayPal apa ang diinginkan. PayPal memiliki dua pilihan jenis akun yaitu untuk menerima uang dan melakukan pembayaran yang biasa dilakukan untuk belanja online.

  1. Isi data diri

Kemudian Anda harus mengisi data diri yang diminta dengan lengkap. Data diri yang akan muncul seperti nama lengkap, asal negara, alamat rumah, email, dan lain sebagainya untuk pembuatan akun.

  1. Menyambungkan dengan rekening

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Anda harus mempunyai kartu kredit bank terlebih dahulu. Karena langkah yang selanjutnya adalah menyambungkan akun PayPal dengan kartu kredit bank yang Anda gunakan.

  1. Konfirmasi email

Langkah yang terakhir sebelum Anda dapat menggunakan dan bertransaksi menggunakan paypaL adalah konfirmasi atau aktivasi akun melalui informasi yang telah dikirimkan ke alamat email pribadimu.

 

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan PayPal

Dari berbagai manfaat  dan fungsi yang ditawarkan oleh PayPal, sebaiknya sebelum benar-benar memutuskan untuk membuat akun PayPal Anda mengetahui terlebih dahulu keuntungan dan kerugian apa saja yang akan didapatkan saat menggunakan PayPal.

Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian menggunakan PayPal antara lain:

Keuntungan

  1. Kecepatan

Seperti yang telah dijelaskan di awal  transaksi menggunakan PayPal sangat mudah, praktis, dan cepat.

Mengirim dana menggunakan PayPal ke sesama akun PayPal atau ke rekening bank dapat dilakukan kurang dari 24 jam hingga dibeda negara sekalipun.

Hal ini tentu saja berbeda dengan Western Union yang membutuhkan waktu lama dan biaya administrasi yang besar.

  1. Biaya Administrasi Murah

Pengiriman uang yang dilakukan dari akun PayPal ke sesama akun PayPal lain tidak dibebani atau dikenakan dengan biaya administrasi.

  1. Keamanan

PayPal menjadi keamanan data dan informasi semua orang yaitu pembeli dan penjual.

  1. Belanja Online

PayPal juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran berbagai situs belanja online di berbagai dunia.

Selain itu terdapat situs belanja online atau merek tertentu yang melakukan kerja sama dengan PayPal sehingga sering kali memberikan potongan harga jika metode pembayaran yang dipilih adalah PayPal.

  1. Mudah

PayPal juga dapat diakses dengan mudah menggunakan ponsel pintar atau komputer. Sehingga transaksinya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

 

Kerugian

  1. Rentan disalahgunakan

Menggunakan PayPal memang sangat memudahkan Anda untuk melakukan transaksi ke berbagai negara.

Akan tetapi hal ini juga yang sangat rentan akan terjadinya penipuan atau tindakan kriminal lainnya.

  1. Sulit melakukan komplain

Bagi Anda yang menggunakan PayPal di Indonesia sayangnya belum tersedia layanan aduan untuk membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Yang tersedia adalah nomor telepon layanan aduan PayPal yang terdekat yaitu Singapura. Sehingga justru akan memakan biaya yang lebih besar untuk melakukan komplain.

  1. Terdapat mata uang yang tidak dilayani

PayPal juga masih memiliki keterbatasan layanan dalam mata uang yaitu Rupee India. Padahal India merupakan negara dengan perkembangan ekonomi yang cukup besar. salah satu industri India yang juga dikenal maju di Indonesia adalah industri kain.

  1. Biaya administrasi

Biaya administrasi sesama akun PayPal memang gratis. Namun untuk akun lain non PayPal diharuskan mengeluarkan biaya administrasi sebesar 3 persen dari jumlah total transaksi yang dilakukan.

  1. Proses pembekuan yang lama

Pembekuan akun biasanya akan dilakukan oleh pihak PayPal jika ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan. Bagi yang mengetahui apa itu PayPal proses pembekuan akun PayPal inilah yang sering kali membutuhkan waktu yang lama bahkan sampai berbulan-bulan.