Pentingnya Memahami Arti Warna dalam Logo

Dalam membuat suatu logo, biasanya logo tersebut diberikan warna menarik. Pemuatan warna pada logo tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena setiap warna tersebut memiliki maknanya tersendiri.

Logo yang baik adalah sebuah logo yang mudah melekat di benak banyak orang, karena logo tersebut menjadi cerminan atau karakter dari suatu perusahaan.

Pemilihan warna pada logo tersebut sebisa mungkin harus sesuai dengan misi perusahaan tersebut, agar logo betul – betul bisa mencerminkan karakter perusahaan.

Jika anda ingin membuat logo, maka pahami terlebih dahulu arti warna dalam logo tersebut agar logo yang dihasilkan semakin bermakna nantinya.

 

Mengapa Warna Logo Itu Penting

Salah satu fungsi warna pada tentu agar membuat desain logo semakin menarik. Jika semua logo perusahaan menggunakan warna yang sama, maka pasti terlihat kaku nantinya.

Oleh karena itu warna disematkan pada logo agar tampilan desain semakin menarik. Ternyata fungsi warna tersebut tidak hanya itu. Penggunaan warna juga ternyata dapat digunakan sebagai penyampai makna, visi, karakter, dan yang lainnya.

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa setiap warna memiliki makna psikologis yang berbeda. Oleh karena itu dengan melihat warna logo saja, kita bisa tahu filosofi atau visi dari suatu perusahaan. Itu lah alasan mengapa dalam mendesain logo wajib diperhatikan dengan cermat pemilihan warnanya.

 

1. Arti Warna Dalam Logo

Pada umumnya pemilihan warna pada logo disesuaikan dengan karakteristik warna serta karakteristik perusahaan. Setiap warna memiliki karakteristik berbeda – beda, dan sudah sering digunakan manusia untuk menyimbolkan sesuatu. Berikut ini kami rangkum beberapa arti atau makna warna yang perlu dicermati dalam mendesain sebuah logo.

 

2. Arti Warna Merah

Warna merah sendiri sering diidentikkan dengan sesuatu yang panas, misalnya seperti bara api, darah, peperangan, kekerasan, dan juga semangat.

Warna merah sendiri juga kerap dijadikan sebagai simbol gairah atau cinta. Penggunaan warna merah dalam logo sangat banyak, terutama oleh perusahaan perusahaan besar.

Makna positif dari merah bisa juga melambangkan energi, passion, kehendak, keceriaan, dan yang lainnya. Beberapa logo populer yang menggunakan warna merah seperti : YouTube, ESPN, RedDoorz, dan yang lainnya. Warna merah ini umumnya digunakan untuk menunjukkan suatu gairah yang kuat, serta semangat yang membara.

Pada logo YouTube, warna merah yang ditampilkan di sini maknanya lebih kepada kecerahan, keceriaan, kebebasan, dan juga hiburan yang penuh kegembiraan.

Dalam arti negatifnya warna merah sering juga dimaknai sebagai sesuatu yang berbahaya atau mengancam. Jadi saat ingin menggunakan warna ini dalam mendesain logo, pastikan untuk menyesuaikannya dengan karakter atau visi perusahaan tersebut.

 

3. Arti Warna Hijau

Warna Hijau sendiri sering diidentikkan dengan warna tumbuhan atau dau. Warna hijau sangat kerat kaitannya juga dengan alam. Jika berbicara tentang alam, maka hal utama yang kita ingat adalah sesuatu yang menyejukkan dan juga sesuatu yang sifatnya tenang.

Kesegaran yang diberikan oleh warna hijau dimanfaatkan juga dalam mendesain logo, agar logo tersebut mampu menghadirkan kesan sejuk, tenang dan menyegarkan.

Warna hijau sendiri juga sering dijadikan sebagai simbol kesuburan, kehidupan, lingkungan, dan juga keamanan.

Dalam dunia ekonomi, hijau sendiri juga kerap diartikan sebagai uang, karena uang kertas dolar dibuat dengan warna hijau.

Dari sini warna hijau juga bisa dimaknai sebagai kekayaan, ambisi, bank, dan lainnya. Beberapa perusahaan yang menggunakan warna hijau pada logo mereka seperti Bereksa, Gojek, Tokopedia, Grab, IGrow, dan lainnya.

Dalam bidang religi juga warna hijau sering digunakan pada logo mereka. Misalnya seperti logo institusi Islam atau juga organisasi NU yang menggunakan warna hijau pada logo mereka

 

4. Arti Warna Orange

Warna orange atau warna jeruk juga memiliki warna tersendiri. Pada umumnya warna orange dikaitkan dengan sesuatu yang hangat, energik, bersemangat dan ceria.

Warna orange juga kerap disimbolkan sebagai sesuatu yang tenang. Hal ini dilihat dari warna senja yang tampak seperti warna orange.

Warna orange sendiri menunjukkan suatu semangat, dan semangat yang dimaksud jauh lebih bersahabat dibanding warna merah.

Jika semangat dalam warna merah lebih kepada semangat untuk bertempur, maka semangat dalam warna orange sifatnya lebih positif dan bersahabat.

Warna orange sendiri juga sering diartikan sebagai keramahan, kemakmuran, dan juga kreatifitas. Orange sering disimbolkan sebagai persahabatan dan juga kenyamanan.

Beberapa perusahaan besar yang menggunakan logo berwarna orange seperti Pos Indonesia, Cleo, Nickelodeon, Eiger, dan yang lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa warna orange cocok ditempatkan pada perusahaan yang berkaitan dengan makanan dan juga hiburan.

 

5. Arti Warna Kuning

Warna kuning sendiri juga kerap dikaitkan dengan sesuatu yang hangat dan panas. Sinar matahari sendiri warnanya kuning, sehingga logo yang menggunakan warna kuning memiliki arti kehangatan, keceriaan, keramahan, dan sesuatu yang energik.

Dibandingkan dengan warna orange, warna kuning sifatnya jauh lebih terang dan lebih energik. Warna kuning sering juga disimbolkan sebagai harapan.

Kuning sendiri umumnya digunakan untuk menunjukkan semangat muda, kreatifitas yang energik, serta persahabatan.

Hanya saja, jika dipandang dari sisi negatifnya, warna kuning sering menyimbolkan sesuatu yang sifatnya pengecut, penipuan, dan pengkhianatan.

Hanya saja makna negative ini tidak sepenuhnya dipandang demikian. Beberapa perusahaan besar yang menggunakan warna kuning pada logonya seperti Snapchat, Nikon, Lays, Ferrari, dan yang lainnya.

Pada Snapchat sendiri warna kuning digunakan untuk melambangkan sesuatu yang sifatnya muda, energik, dan bersahabat.

 

6. Arti Warna Biru

Warna biru juga kerap digunakan saat mendesain logo, karena warna biru umumnya memiliki makna positif. Warna biru sering diidentikkan dengan laut, langit, dan sesuatu yang sifatnya luas.

Warna biru sering disimbolkan sebagai ketenangan dan kebebasan. Langit yang begitu luas tetap terlihat tenang, bersahabat, dan begitu bebas.

Cahaya biru sendiri disimbolkan sebagai keramahan dan juga kesegaran. Dalam bidang sosial juga biru kerap digunakan sebagai simbol perdamaian, tradisi, dan juga budaya.

Penelitian menunjukkan bahwa warna biru yang digunakan pada car kamar, dapat membuat kita lebih nyenyak tidur dan lebih nyaman.

Jika dilihat dari sisi negatifnya, warna biru sering disimbolkan sebagai kesedihan, sesuatu yang dingin, dan juga melambangkan ketegangan.

Hanya saja dalam mendesain logo, warna biru maknanya lebih kepada kebebasan dan juga keramahan. Beberapa perusahaan besar yang menggunakan warna biru pada logonya seperti Aqua, Traveloka, Airy, Facebook, Samsung, Twitter, Philips, dan yang lainnya.

Arti warna dalam logo Traveloka tersebut lebih menunjukkan kebebasan untuk bergerak ke mana mana. Penggunaan warna biru dalam desain perlu dibuat dengan cermat agar logo tersebut nantinya tidak terlihat dingin dan tampak murung.

 

7. Arti Warna Ungu

Warna ungu merupakan hasil dari percampuran warna merah dan juga warna biru. Warna ungu sendiri umumnya dikaitkan dengan hal  – hal yang sifatnya kreatif, imajinasi tinggi, dan juga royalti.

Warna ungu dianggap sebagai sesuatu yang berkelas, sehingga warna ungu kerap disimbolkan sebagai kekayaan. Warna ungu terang artinya lebih kepada romantisme dan kehangatan dalam percintaan.

Dalam bidang agama, warna ungu diartikan sebagai sesuatu yang kudus, lembut, dan juga berharga.

Warna ungu tua sering juga dijadikan sebagai simbol kekuasaan, glamor, kekuatan, bangsawan, atau juga kedudukan tinggi. Pada umumnya penggunaan warna ungu dalam dunia desain tujuannya untuk menunjukkan kemewahan atau kedudukan tinggi.

Beberapa perusahaan besar yang menggunakan warna ungu pada logonya seperti OVO, Yahoo, Twitch, Axis, dan yang lainnya. penggunaan warna umum dalam desain logo tidak terlalu umum, karena hanya beberapa perusahaan besar yang menggunakannya.

 

8. Arti Warna Hitam

Warna hitam juga kerap digunakan dalam mendesain logo perusahaan, karena sifat warna hitam sendiri merupakan warna netral. Warna hitam sendiri sering disimbolkan sebagai sesuatu yang sifatnya anggun, formal, dan juga kekuatan.

Namun ada juga pihak yang memaknai warna hitam sebagai simbol kematian, misteri, kegelapan, dan juga kejahatan. Pada umumnya penggunaan warna hitam pada sebuah logo membuat logo jadi tampak lebih elegan. Kesan negatif pada warna hitam dikaitkan dengan hal – hal duka dan hal – hal jahat.

Namun saat ini makna negative tersebut sudah mulai dihilangkan, dan warna hitam lebih sering disimbolkan sebagai sesuatu yang anggun dan formal.

Warna hitam sendiri juga sering dikaitkan dengan kekuatan, kepercayaan diri, premium, dan elegan. Dalam dunia fashion, warna hitam sangat erat kaitannya dengan kemewahan.

Hal ini tampak dari beberapa perusahaan besar yang tampilannya luxury menggunakan warna hitam pada logonya. Beberapa perusahan yang menggunakan warna hitam dalam desain logonya seperti Zalora, Adidas, Boss, Gucci, Louis Vuitton, Nike, dan yang lainnya.

 

9. Arti Warna Putih

Warna putih juga kerap digunakan dalam mendesain sebuah logo, karena warna putih menyimbolkan kesucian. Warna putih kerap dimaknai sebagai sesuatu yang bersih, suci, anggun, bijak, dan positif.

Dalam dunia desain, warna putih dianggap sebagai warna netral sehingga penggunaannya juga mudah untuk berbagai logo.

Warna putih juga kerap disimbolkan sebagai kesederhanaan, sehingga warna ini kerap digunakan sebagai background sebuah logo.

Saat ini warna putih banyak digunakan dalam pembuatan simbol atau logo, karena logo saat ini lebih banyak mengedepankan kesan simpel dan praktis.

Warna putih ini dapat memberikan kesan simpel pada setiap logo. Memang tidak banyak logo yang menggunakan warna putih sebagai warna utama, karena kebanyakan digunakan sebagai background atau warna pendukung saja.

Saat ini kebanyakan logo menerapkan warna putih, karena dapat menghadirkan kesan polos, simpel, dan trendi. Beberapa perusahaan besar yang menggunakan logo berwarna putih seperti Apple, Yamaha, Juventus, dan yang lainnya.

 

10. Arti Warna Coklat

Memahami Arti warna dalam logo tentu sangat penting bagi desainer agar logo yang dihasilkan nantinya dapat menyampaikan makna yang mendalam.

Warna coklat juga menjadi salah satu warna yang banyak diterapkan untuk mendesain logo, karena warna coklat erat kaitannya dengan bumi, tanah, kayu, dan juga batu.

Warna coklat sendiri sifatnya alami dan netral. Selain itu warna ini juga menghadirkan kesan kehangatan. Coklat bisa dimaknai sebagai sesuatu yang handal, tabah, dan juga sifatnya membumi.

Biasanya warna coklat ini lebih banyak digunakan sebagai background, misalnya background kayu, batu, tanah, dan yang lainnya.

Pada umumnya warna coklat ini digunakan pada logo perusahaan yang berkaitan dengan pertanian, perkebunan, toko roti, café, dan yang lainnya.

Dan tentu saja warna coklat juga banyak digunakan pada perusahaan yang produk utamanya makanan coklat. Beberapa perusahaan besar yang menggunakan warna coklat seperti A&W, Nescafe, Batu Secret Zoo, Hershey’s, dan yang lainnya.

 

11. Arti Warna Abu – Abu

Warna abu – abu sendiri kerap kali dimaknai sebagai keabadian, timeless, dan juga kebaikan. Warna abu – abu sendiri merupakan warna yang paling netral sehingga sering digunakan sebagai warna pendukung dalam desain logo.

Warna abu – abu juga sering menghadirkan makna kemewahan. Hal ini terlihat karena banyak perusahaan otomotif yang menggunakan warna abu – abu dalam logo mereka.

Beberapa perusahaan yang menggunakan warna abu – abu dalam logo mereka, seperti Apple, Toyota, Mercedes-Benz, Nissan, Lexus, dan yang lainnya.

 

12. Arti Warna Emas

Warna emas juga kerap digunakan dalam pembuatan logo perusahaan karena mampu menghadirkan kesan kemewahan. Warna emas sendiri sering dimaknai sebagai kesuksesan, prestasi, kemakmuran, kemenangan, kemewahan, dan yang lainnya.

Emas sendiri merupakan salah satu jenis perhiasan yang mahal, sehingga menggunakan warna emas dalam logo juga mengisyaratkan hal tersebut.

Biasanya dalam suatu kompetisi atau perlombaan, pemenang diberikan trofi emas atau mendali emas. Artinya para pemenang tersebut mendapatkan sesuatu yang lebih berharga dari yang lainnya.

Kemewahan yang ditampilkan oleh warna emas tersebut memang sangat elegan, oleh karena itu logo perusahaan yang menggunakan warna emas, umumnya ingin menunjukkan sisi mewah dan klasik tersebut.

Beberapa perusahaan yang menggunakan warna emas pada logo mereka seperti Royal Wedding, Royal Brand, Luxurious, dan yang lainnya.

 

13. Arti Warna Tosca

Warna tosca sendiri sering kali disimbolkan sebagai sesuatu yang sifatnya seimbang atau stabil. Warna tosca juga dimaknai sebagai ketenangan, kesabaran dan emosional. Warna tosca sering juga disebut sebagai warn pirus atau Turquoise. Warna ini merupakan perpaduan dari hijau, kuning, dan biru.

Psikologis dari warna ini adalah mampu memberikan kesan kesembuhan, keteduhan, ketenangan, dan juga kedamaian. Warna tosca ini juga mampu menghadirkan kesan modern dan segar dalam desain logo, sehingga semakin banyak digunakan saat ini.

Hanya saja warna tosca ini belum banyak digunakan oleh perusahaan besar dalam pembuatan logo mereka. Warna ini lebih sering digunakan untuk mendesain baju, ruangan, atau juga produk.

 

14. Arti Warna Magenta

Warna Magenta sendiri juga kerap disimbolkan sebagai sesuatu yang sifatnya anggun. Warna magenta sendiri merupakan campuran dari warna merah dan juga warna ungu.

Warna magenta juga kerap disimbolkan sebagai sesuatu yang seimbang, mewah, kasih sayang, persahabatan, rasa hormat, dan juga inspiratif.

Warna magenta sendiri juga tergolong sebagai warna panas, sehingga saat digunakan dalam mendesain logo, maka warna ini sangat mencolok.

Warna magenta juga terkadang disimbolkan sebagai sesuatu yang sifatnya feminim, karena warna ini tampak mirip dengan warna pink.

Beberapa perusahaan yang menggunakan warna magenta pada logo mereka, seperti Dunkin’ Donuts, Barbie, LG, dan yang lainnya.

Dalam mendesain sebuah logo, peran warna tersebut sangat besar, karena bisa memberikan makna serta mampu mewakilkan semangat dari perusahaan tersebut.

Oleh karena itu perusahaan besar umumnya membuat warna logo yang sesuai dengan semangat, karakter dan juga visi dari perusahaan mereka. itu lah beberapa penjelasan singkat tentang . Arti warna dalam logo.

 

Next : VPN Terbaik