Cara Membuat Website dengan Mudah

Website merupakan salah satu hal penting di era yang semakin modern ini. perusahaan atau toko yang memiliki website pun terlihat lebih profesional. Website juga mampu memberikan kesan yang baik pada pelanggan.

Tentu hal ini akan sangat berpengaruh terhadap daya saing perusahaan. Dengan kehadiran website, maka diharapkan bahwa usaha yang Anda kelola akan berkembang menjadi lebih maju.

Namun, apakah hanya perusahaan saja yang bisa membuat website? Tentulah tidak, website juga bisa dibuat secara personal guna menaikkan personal branding.

Dengan mempunyai sebuah website pribadi, Anda bisa meletakkan portfolio Anda yang akan sangat berguna ketika nanti Anda melamar pekerjaan. Lantas bagaimanakah cara membuat website yang baik dan benar?

 

Menentukan Website yang Ingin Dibuat

Menentukan website yang akan dibuat merupakan salah satu hal penting yang harus Anda pikirkan sebelum mengetahui cara membuat website. website tipe seperti apakah yang ingin Anda buat?

Sebuah blog biasa, website perusahaan, online shop, personal website, atau Anda ingin membuat sebuah website dengan sistem informasi yang kompleks?

Sebelum membuatnya, pastikan untuk menentukan jenis website yang akan dibuat terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah membuatnya.

 

Karakteristik Website

Setelah menentukan website seperti apa yang ingin Anda buat, langkah selanjutnya ialah menentukan karakteristik website. Karakteristik website mencakup warna, menu, serta hal-hal apa saja yang bisa dilakukan di dalam website Anda.

 

Menentukan Platform Website

Platform atau biasa dikenal dengan content management system (CMS) merupakan salah satu komponen yang bisa digunakan untuk mengubah konten serta tampilan website tanpa harus memahami bahasa pemrograman yang terkenal susah.

Anda harus membuang jauh-jauh bahasa pemrograman dan coding yang rumit. Dengan CMS, pembuatan website jauh lebih mudah. CMS WordPress merupakan salah satu platform yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah website.

WordPress sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti cocok untuk Anda yang tidak paham masalah teknologi informasi, komunitas bersifat open source, dan juga sangat mudah untuk diinstal.

 

Melakukan Registrasi Hosting dan Nama Domain

Langkah berikutnya dalam cara membuat website ialah memilih hosting. Pastikan untuk memilih hosting dengan reputasi yang baik. Hosting yang baik secara umum haruslah mempunyai kriteria-kriteria berikut:

  • dapat diandalkan setiap saat.
  • Kecepatan load yang cukup baik
  • Tingkat keamanan yang terjamin dan tinggi

Langkah selanjutnya ialah menentukan nama domain yang akan Anda gunakan pada website yang Anda buat.

Cobalah untuk menggunakan nama domain yang unik, mudah diingat, dan juga catchy. Hal ini tentulah akan sangat berguna untuk menaikkan traffic website yang Anda buat.

Setelah menentukan nama domain website Anda, lakukan pendaftaran atau registrasi hosting dan nama domain Anda.

 

Pengaturan dan Instalasi Website

Instalasi SSL (secure socket layer) wajib dilakukan sebelum menginstal beberapa aplikasi untuk website Anda.

Instalasi SSL sangat berguna untuk memberikan pengamanan pada website yang Anda buat. Selain itu, SSL juga akan memudahkan Anda dimana Anda tidak perlu melakukan penginstalan ulang.

Akan tetapi, SSL hanya mampu memindai aplikasi yang sudah diinstal setelah dipasang sertifikat SSL, sehingga aplikasi yang Anda instal sebelum menginstal SSL  akan hilang.

Setelah berhasil melakukan instalasi:

  • Anda wajib untuk menginstal aplikasi WordPress dan melakukan login ke cPanel.
  • Kemudian klik logo WordPress pada SOFTACULOUS APPS INSSTALLER.
  • Setelah itu klik tombol Install Now.
  • Pilih nama domain
  • Kemudian isi detail website yang Anda buat
  • Memasukkan username beserta kata sandi

 

Optimasi

WordPress yang baru saja Anda install merupakan bentuk yang paling dasar. Maka dari itu, diperlukan beberapa pengaturan atau optimasi supaya website yang Anda buat menjadi lebih optimal.

Untuk melakukan optimasi, Anda harus melakukan login ke dashboard resmi WordPress. Dashboard merupakan tempat dimana semua fitur WordPress bisa diakses seperti tema, plugin, dan juga konfigurasi.

Pada dashboard inilah WordPress bisa dikelola, dari melakukan pengaturan, membuat halaman, mengupdate konten, dan lain-lain.

Setelah WordPress terpasang, langkah berikutnya ialah melakukan optimasi website. Karena WordPress yang baru saja Anda instal merupakan bentuk paling dasar, maka diperlukan beberapa pengaturan atau optimasi agar kinerja website dapat maksimal.

 

Keamanan

Supaya website yang telah Anda buat aman, ada beberapa optimasi yang harus Anda lakukan. Keamanan sebuah website sangatlah penting untuk mencegah serangan bruteforce attack, malware, virus, dan juga hacker. Ada beberapa cara untuk meningkatkan keamanan website Anda yakni :

  • Menggunakan kombinasi password yang cukup rumit.
  • Melakukan instalasi plugin keamanan.
  • Mengamankan database dan file
  • Mengubah login URL

Apabila sudah selesai membuat website, langkah selanjutnya ialah memasang aplikasi Google Analytic untuk mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi website Anda. Semakin tinggi traffic atau pengunjung Anda, maka semakin populer website yang Anda buat.