Contoh Proposal Usaha

Di dalam merintis sebuah usaha, memperoleh kepercayaan dari partner bisnis hingga konsumen merupakan hal pertama yang harus dilakukan.

Dengan mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan partner bisnis, sebuah usaha dapat beroperasi dan bertahan di tengah persaingan pasar yang sangat ketat.

Akan tetapi, usaha meyakinkan stakeholder (konsumer, investor, maupun partner) ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Beragam cara ditempuh oleh pelaku usaha di dalam membangun jejaring bisnisnya, salah satunya adalah dengan membuat proposal untuk usahanya.

Berikut berbagai contoh proposal usaha yang dapat diacu untuk merancang proposal yang menarik dan meyakinkan.

Sebelum melihat contoh dari proposal, akan lebih baik jika Anda mengenal struktur dasar dari sebuah proposal usaha. Berikut merupakan hal-hal yang harus ada di dalam proposal.

  1. Halaman Sampul

Halaman sampul ini mencakup logo dan nama dari bisnis Anda. Ketika melihat halaman sampul, seorang stakeholder seharusnya langsung dapat mengasosiasikan proposal yang diberikan dengan bisnis Anda.

  1. Daftar Isi

Setelah melihat berbagai contoh proposal usaha, Anda akan menyadari bahwa proposal yang baik mencantumkan daftar isi.

Daftar isi yang memuat sub-bahasan proposal dan halamannya akan memudahkan stakeholder untuk membaca proposal dengan efisien.

  1. Intisari Proposal

Intisari proposal merangkum konten keseluruhan proposal dalam paparan singkat. Fungsi intisari ini adalah mengakomodasi stakeholder yang kemungkinan tidak memiliki banyak waktu untuk membaca keseluruhan proposal.

  1. Permasalahan di Lapangan

Bagian ini menjelaskan mengenai permasalahan apa yang terjadi di lapangan. Di sini pengusaha akan menunjukkan hasil studi pasar untuk menginformasikan hal apa yang dibutuhkan masyarakat.

  1. Solusi yang Ditawarkan Bisnis

Solusi yang ditawarkan pengusaha merupakan produk dari bisnis yang akan dijalankan. Penjabaran produk sebaiknya dilakukan dengan sederhana namun detil.

  1. Kualifikasi Pengusaha

Kualifikasi pengusaha terkait dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kerja apa yang pernah pengusaha tersebut lakukan.

Seharusnya kualifikasi yang ditampilkan adalah yang terkait dengan bisnis yang akan dijalankan. Jika calon karyawan sudah direkrut, maka ada baiknya jika juga mencantumkan kualifikasi karyawan.

  1. Rancangan Anggaran

Rancangan anggaran di sini mencakup semua biaya yang diperlukan untuk membayar peralatan, bahan baku, dan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk operasionalisasi bisnis.

Rancangan anggaran juga mencantumkan tarif yang ditetapkan untuk barang dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis tersebut.

  1. Rancangan Timeline

Di dalam menjalankan bisnis, perlu adanya timeline yang ditetapkan untuk menetapkan target-target dari bisnis dan kapankah target tersebut akan tercapai. Timeline ini harus disajikan dengan sesederhana dan sejelas mungkin.

 

Beberapa Contoh Proposal Usaha

  1. Proposal Layanan Katering

Di dalam berbagai contoh proposal usaha, hal utama yang harus dicapai oleh bisnis tersebut adalah meyakinkan stakeholder akan keunikannya.

Sebuah bisnis harus memiliki faktor “X” yang membuatnya berbeda dengan bisnis lainnya. Hal ini tentunya juga berlaku untuk proposal layanan katering.

Sebuah jasa katering harus menunjukkan karakteristik yang membedakan katering tersebut dari jasa serupa lainnya, terutama yang berada di dalam domisili yang sama.

Katering yang menunjukkan keunikannya akan cenderung lebih diperhatikan.

Proposal layanan katering memiliki fitur yang cukup berbeda, yaitu menu katering yang ditawarkan. Menu-menu yang ditawarkan benar-benar harus dipikirkan secara matang.

Menu yang ditawarkan merupakan produk dari katering tersebut dan oleh karena itu akan mempengaruhi bagian proposal terkait dengan anggaran dan operasionalisasi usaha.

Sangat penting untuk mencantumkan bahan-bahan yang diperlukan untuk menyusun setiap menu katering.

Beberapa katering juga mencantumkan pilihan paket katering di dalam penjelasan produk, karena memang biasanya jasa katering ditawarkan di dalam sistem paket.

  1. Proposal Salon Kecantikan

Salon kecantikan merupakan bisnis yang cukup stabil pangsa pasarnya. Karena teknisi salon merupakan unsur pokok dari bisnis tersebut, sebuah proposal untuk salon kecantikan yang baik harus menggambarkan keahlian dari tenaga profesionalnya.

Yang perlu dicantumkan di dalam proposal adalah jumlah teknisi salon, sertifikasi yang didapat, serta daftar keahlian mereka.

Salon yang memiliki tenaga dengan kecakapan tinggi akan menarik perhatian konsumen sehingga calon partner pun juga akan lebih tertarik untuk bekerja sama.

Penulisan anggaran di dalam proposal salon kecantikan biasanya lebih fokus terhadap peralatan-peralatan yang dibutuhkan.

Peralatan kecantikan yang akan dibeli perlu dituliskan dengan sangat rinci karena sebagian besar porsi anggaran akan digunakan untuk mempersiapkannya.

Selain itu, lokasi dan desain interior dari salon juga perlu dimasukkan ke dalam proposal, terutama jika salon kecantikan yang dibangun menargetkan pangsa pasar yang besar dan untuk kalangan menengah ke atas.

  1. Proposal Event Organizer

Di antara berbagai contoh proposal usaha yang dijelaskan di dalam artikel ini, bisnis event organizer merupakan sebuah bisnis yang akan paling sering melakukan pembaruan proposal usaha dan juga menggunakan proposal untuk kepentingan bisnisnya.

Event organizer bekerja dengan sistem proyek sehingga mereka harus mempersiapkan proposal setiap kali akan menginisiasi sebuah proyek event.

Tujuan dari proposal adalah memenangkan tender sebuah event sehingga dipercaya oleh pemilik event sebagai penyelenggara.

Tujuan lain dari proposal event organizer adalah menjalin kerja sama dengan vendor-vendor yang potensial, seperti: pusat konvensi, katering, hingga jasa percetakan.

Terdapat satu konten yang tidak boleh dilupakan di dalam proposal Anda, yaitu portofolio event yang pernah dikerjakan sebelumnya.

Dengan menampilkan daftar event yang sudah pernah ditangani, seorang event organizer akan mampu meyakinkan stakeholder untuk bekerja sama dengannya.

Kepercayaan calon klien dan vendor akan meningkat karena adanya bukti nyata hasil kerja dari organizer.

Selain portofolio event, akan lebih baik lagi jika vendor juga mencantumkan vendor-vendor yang sudah pernah bekerja sama dengannya. Hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi bisnis event organizer tersebut.

  1. Proposal Bisnis Produk Kecantikan

Seperti kita ketahui, pasar kecantikan Indonesia terus bertambah besar setiap waktunya mengingat kesadaran orang untuk menjaga penampilannya juga semakin besar.

Salah satu ladang bisnis yang menjanjikan adalah penjualan produk kecantikan seperti serum, krim malam, dan vitamin untuk kulit.

Seperti layaknya proposal bisnis lainnya, proposal untuk usaha produk kecantikan juga harus mengandung ringkasan general mengenai karakteristik dari bisnis yang didirikan sekaligus susunan organisasinya.

Meskipun begitu, dalam proposal bisnis penjualan produk kecantikan, akan sangat baik jika mencantumkan metode-metode pemasaran yang akan dilakukan untuk mendukung jalannya bisnis.

Metode-metode pemasaran bisa berupa iklan di media sosial, endorsement dengan influencer, hingga melakukan door to door sales.

Metode pemasaran merupakan hal yang harus dijelaskan secara terperinci di dalam proposal bisnis ini karena metode ini merupakan langkah penting untuk membangun basis konsumen yang stabil.

Selain itu, proposal juga perlu mencantumkan penyuplai produk kecantikan yang akan dijual kepada konsumen.

  1. Proposal Bimbingan Belajar

Sebuah tipe proposal menarik di antara berbagai contoh proposal usaha di sini adalah proposal bimbingan belajar.

Bimbingan belajar merupakan sebuah ide bisnis yang cocok untuk dilakukan terutama di wilayah dengan jumlah sekolah yang banyak dan tingkat kompetisi pendidikan tinggi.

Proposal bimbingan belajar tentunya mencantumkan intisari proposal bisnis seperti yang telah disebutkan di bagian sebelumnya.

Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang perlu ditekankan agar proposal menjadi proposal yang lebih menarik.

Daya tarik utama dari bimbingan belajar merupakan tenaga pengajar dan juga paket bimbingan yang ditawarkan.

Oleh karena itu, penjelasan detil mengenai spesifikasi tenaga pengajar yang dipekerjakan di bimbingan belajar tersebut perlu dijelaskan dengan rinci.

Selain itu, pemilik bisnis harus menjelaskan secara detil mengenai paket bimbingan apa saja yang ditawarkan kepada siswa yang mendaftarkan diri di sana.

Operasional bimbingan belajar pun perlu dijelaskan di dalam proposal. Ada bimbingan belajar yang menyediakan tempat sendiri seperti halnya sekolah, ada yang menyajikan bimbingan dengan sistem privat di mana tutor akan datang ke rumah siswa, dan ada juga bimbingan yang dilakuka secara daring.

  1. Proposal Usaha Menjahit

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit maka merintis usaha menjahit atau modiste merupakan sebuah alternatif bisnis yang menjanjikan.

Di lokasi tertentu, banyak klien yang akan mencari jasa ini karena individu dengan keterampilan menjahit yang baik cukup sulit ditemukan.

Di dalam merancang proposal untuk membuat bisnis menjahit, hal pertama yang perlu dilakukan adalah meyakinkan stakeholder bahwa bisnis yang akan dijalankan memiliki target pasar.

Hal ini terkait dengan pemilihan lokasi bisnis. Seorang calon pemilik usaha modiste dapat melakukan studi pasar melalui survei terkait kebutuhan akan penjahit dan mencantumkan hasil studi tersebut di dalam proposal.

Pada bagian anggaran proposal, calon pengusaha juga perlu menuliskan dengan rinci mengenai peralatan apa saja yang diperlukan untuk menjalankan usaha tersebut.

Beberapa peralatan yang diperlukan di antaranya adalah mesin jahit, mesin bordir, alat pemotong, benang, serta aksesoris-aksesoris yang  kemungkinan dibutuhkan.

Selain itu, ada baiknya untuk menentukan tarif yang akan dibebankan kepada pelanggan atas jasa yang diberikan dalam proposal.

  1. Proposal Jasa Reparasi Barang Elektronik

Mengingat saat ini sebagian besar orang memanfaatkan peralatan elektronik dalam kehidupan sehari-hari, wajar jika orang yang memiliki keterampilan mekanik tertarik untuk membuka jasa reparasi.

Meskipun berbagai contoh proposal usaha yang lain juga mencantumkan tenaga profesional, proposal untuk jasa reparasi elektronik perlu lebih menekankan bagian ini.

Ketika tenaga mekanik yang dipekerjakan memiliki keterampilan dan pengalaman yang banyak di bidang reparasi barang elektronik, maka proposal akan terlihat semakin meyakinkan.

Komponen lain yang harus diikutsertakan di dalam proposal bisnis ini di antaranya merupakan rencana lokasi bisnis.

Jasa reparasi yang lokasinya strategis akan lebih banyak dikunjungi oleh orang. Sebuah tips bagi calon pengusaha reparasi elektronik untuk kalangan menengah adalah mendirikan bisnis di area padat pemukiman penduduk.

Pilihan lokasi tersebut akan cukup strategis karena permintaan reparasi kemungkinan cukup besar.

Selain memberikan argumen terkait potensi pasar di lokasi tertentu, calon pengusaha juga perlu memikirkan mengenai keamanan dari tempat reparasinya.

  1. Proposal Bisnis Kafe

Semakin banyak kafe yang dibangun terutama di kota-kota metropolitan dan area-area ramai pelajar (terutama mahasiswa).

Proposal bisnis untuk mendirikan kafe perlu disusun sedemikian rupa karena tingginya tingkat persaingan apabila seorang pengusaha ingin mendirikan kafe di lokasi yang strategis.

Seperti halnya berbagai contoh proposal usaha yang sudah disebutkan, penjelasan mengenai keunikan dari bisnis yang akan dibina merupakan hal krusial, terutama di dalam bisnis dengan saturasi tinggi seperti kafe.

Penjelasan tentang konsep unik kafe perlu disampaikan pada bagian intisari proposal supaya pembaca langsung memahami tujuan proposal.

Perencanaan anggaran bisnis kafe juga sangat terpaku pada peralatan, bahan baku, hingga tenaga kerja yang akan direkrut untuk operasionalisasi kafe.

Selain hal tersebut, ada baiknya jika proposal sudah membahas mengenai menu apa saja yang akan ditawarkan terhadap konsumen kafe.

Satu hal lain yang patut menjadi perhatian adalah cara kerja dari kafe. Banyak kafe yang menyediakan tempat duduk nyaman dan fasilitas internet untuk orang yang berkunjung supaya mereka bisa menghabiskan waktu di sana.

Meskipun begitu, juga muncul kafe yang hanya melayani sistem takeaway. Kedua jenis operasionalisasi kafe ini akan berdampak, terutama pada pilihan lokasi.

  1. Proposal Biro Arsitektur

Biro arsitektur juga merupakan ide bisnis yang cukup menarik untuk digeluti. Pekerjaan arsitektur merupakan salah satu tipe pekerjaan dengan keterampilan tinggi.

Di dalam menjalankan bisnis arsitektur, tim arsitek mengeluarkan modal yang sebagian besar dalam bentuk kekayaan intelektualnya.

Karenanya, di dalam proposal bisnis ini, sangat penting untuk menjelaskan mengenai daftar keterampilan dari arsitek yang bekerja di biro tersebut.

Selain itu, perlu juga ada bagian proposal yang mencantumkan portofolio proyek-proyek yang pernah dikerjakan oleh biro arsitektur tersebut.

Klien dan investor akan tertarik ketika biro arsitektur menunjukkan kemampuannya.

Proposal bisnis ada baiknya juga mencantumkan lokasi dari biro arsitektur dan mengikutsertakan anggaran yang akan dikeluarkan untuk melakukan desain interior dari kantor.

Biro arsitektur biasanya merupakan jasa yang disewa oleh kalangan menengah ke atas, oleh karena itu, akan lebih baik jika biro menginvestasikan sebagian modal untuk membangun suasana kantor yang nyaman, profesional, dan mampu meyakinkan klien.

Proses rekrutmen tenaga arsitek juga sebaiknya menjadi salah satu konten dari proposal bisnis, terutama jika di awal mula bisnis, pengusaha belum menemukan kandidat tenaga profesional.

  1. Proposal Jasa Desain Grafis

Permintaan akan jasa desain grafis semakin melambung di era sekarang ini. Hampir semua kegiatan membutuhkan bantuan desainer grafis, padahal tidak semua orang memiliki keterampilan desain dan pengoperasian software desain yang baik.

Jika Anda berminat untuk memulai bisnis jasa desain grafis, maka terdapat beberapa hal yang perlu dicantumkan di dalam proposal.

Hal pertama adalah hasil kerja dari desainer grafis yang direkrut. Konsumen dan investor akan lebih tertarik pada suatu jasa desain grafis ketika hasil kerja desainer di masa lalu dapat dilihat.

Hal lain yang perlu dicantumkan di dalam proposal adalah terkait anggaran. Modal untuk membuka jasa desainer grafis adalah perangkat komputer yang memiliki spesifikasi memadai untuk mengoperasikan perangkat lunak yang diperlukan.

Seorang desainer grafis profesional kemungkinan juga perlu menambahkan anggaran pembelian layar tambahan dan stylus untuk membuat pekerjaannya lebih lancar.

Akan lebih baik juga jika proposal bisnis mencantumkan jasa-jasa yang ditawarkan beserta dengan kisaran harganya.

 

Penutup

Dengan memahami struktur dasar proposal bisnis dan konten apa yang perlu ditonjolkan tergantung dari bisnis yang akan dirintis, Anda akan mampu merancang proposal bisnis yang mampu menarik perhatian stakeholder.

Berbagai contoh proposal usaha yang terlampir hanya menjadi masukan untuk Anda. Tentunya akan lebih baik jika Anda menampilkan tambahan informasi yang sekiranya akan bermanfaat dan menambah daya tarik bisnis. Akan tetapi, pastikan juga bahwa proposal disajikan dengan.

 

Next : VPN Terbaik