Apa Itu Dedicated Server? Definisi dan Manfaatnya Lengkap

Apakah saat ini Anda sedang mendapatkan tawaran atau mempertimbangkan pilihan untuk berpindah ke dedicated server hosting? Nah, apapun keputusan Anda nantinya.

Anda perlu tahu dulu apa itu dedicated server serta manfaatnya. Untuk mendapatkan jawabannya, yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Apa Itu Dedicated Server?

Dedicated server merupakan server yang disewakan secara utuh atau keseluruhan kepada seorang pengguna (user), dan server tersebut tidak akan dibagi dengan user lainnya.

Oleh karena itu, begitu Anda beralih atau menggunakan layanan dedicated server, Anda akan jadi satu-satunya user yang menempati dan menggunakan server tersebut.

Dengan menggunakan dedicated server, pada dasarnya Anda jadi satu-satunya user dengan kuasa penuh terhadap pengelolaannya. Hal ini pun termasuk dalam aspek pemilihan sistem operasi, hardware, fitur, dan sebagainya.

Meski demikian, Anda tidak selalu harus kerepotan untuk melakukan instalasi atau pemasangan, hingga penyediaan hardware dedicated server.

Sebab, biasanya perusahaan penyedia jasa server telah menawarkan layanan support untuk instalasi sampai akhirnya server aktif dan bisa Anda gunakan.

Di samping itu, ada juga layanan yang disebut sebagai virtual server. Layanan ini secara sekilas terlihat mirip dengan layanan dedicated server.

Hanya saja, namanya juga layanan virtual, artinya virtual server ini tidak memiliki wujud server secara fisik. Pasalnya, virtual server dibangun berdasarkan teknologi virtual milik dedicated server.

Secara garis besar, dedicated server adalah pilihan yang sangat pas apabila website Anda sudah berkembang pesat.

Misalnya dengan jumlah traffic pengunjung yang semakin tinggi, sehingga website Anda membutuhkan resource lebih besar dari server yang melayaninya. Dengan begitu, website Anda pun tidak akan gampang crash atau down.

Untuk menggunakan layanan dedicated server, Anda tentu perlu keluar biaya ekstra karena memang harga layanan dedicated server lebih mahal dibandingkan shared hosting.

Meski begitu, tentu biaya ekstra tersebut dibutuhkan agar website Anda bisa selalu online dan beroperasi optimal setiap harinya.

Dengan begitu, Anda juga tidak akan beresiko kehilangan omzet yang dapat terjadi saat website Anda crash karena ternyata server tidak menyanggupi kebutuhan resource yang makin tinggi.

 

Apa Saja Manfaat Dedicated Server?

  1. Punya IP address khusus (dedicated).

Salah satu keunggulan atau manfaat dari dedicated server adalah kebebasan untuk memilih IP address khusus atau dedicated untuk server Anda.

Dengan adanya IP address alias alamat IP yang terdedikasi khusus ini, Anda pun bisa memperoleh kendali administratif (admin) yang lebih menyeluruh pula.

  1. Membantu meningkatkan traffic organik lewat SEO.

Mengingat bahwa kemampuan dan kapasitas server sangat berkaitan dengan performa website, artinya server juga akan mempengaruhi peringkat SEO website Anda.

Dengan begitu, tentunya penggunaan dedicated server akan bantu dongkrak ranking SEO website serta mempertahankannya, terutama bagi Anda yang website-nya sudah memiliki peringkat bagus, bahkan di peringkat pertama.

Salah satu alasannya adalah karena dedicated server dapat menjamin bahwa website Anda bisa diakses dengan lebih cepat. Dengan begitu, tingkat bouncing juga menurun, pengalaman pelanggan atau pengunjung meningkat, dan memastikan environment server Anda selalu bagus.

  1. Jaminan keamanan lebih tinggi.

Apabila dibandingkan dengan shared hosting yang dibagi bersama-sama dengan user lainnya, dedicated server jauh lebih andal dalam memastikan tingkat keamanan yang tinggi.

Soalnya, karakteristik dari shared hosting sendiri membuat para user dan webmaster dapat mengakses resource milik server secara bersamaan, yang menimbulkan risiko keamanan dan bisa membahayakan bisnis karena adanya data-data sensitif.

Sementara itu, dedicated server bisa mengurangi risiko masalah keamanan. Sebab, dedicated server terhubung dengan patch keamanan sehingga bisa terus memberikan update berkala untuk melindungi file yang tersimpan di server.

  1. Fleksibilitas dan kendali lebih baik.

Salah satu manfaat terbesar dengan menggunakan dedicated server adalah tingkat fleksibilitas dan kendali (kontrol) yang lebih baik.

Karena sekali lagi, sebagai user dedicated server artinya Anda adalah satu-satunya user yang menggunakan layanan server tersebut.

Hal ini berarti Anda menguasai semua resource yang dimiliki server. Dengan demikian, Anda bisa benar-benar menciptakan environment yang optimal bagi website Anda, yang pada akhirnya juga akan memaksimalkan performa website Anda.

  1. Bandwidth meningkat.

Dengan menjadi satu-satunya user pada dedicated server, Anda juga akan menikmati jumlah bandwidth maksimal. Oleh karena itu, jumlah downtime pun akan jadi jauh lebih kecil, dan risiko akses lambat ke website Anda juga jadi jauh lebih minim.

Hal ini akan sangat berkaitan dengan tingkat pengalaman pengguna atau pengunjung website. Sebab, bandwidth yang lebih besar berarti website yang lebih lancar dan cepat saat diakses, dan kemudian juga akan mempengaruhi ranking SEO website Anda sebagaimana yang dijelaskan pada poin nomor 2 di atas.

Itulah rangkuman singkat mengenai apa itu dedicated server serta manfaatnya, saya telah mereview penyedia hosting terbaik di website ini, anda bisa membacanya untuk menambah pengetahuan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!