Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Jika anda ingin menggunakan webhosting biasanya anda akan di suguhi 5 pilihan jenis hosting yaitu dedicated server,virtual privat server,wordpress hosting, cloud hosting dan shared hosting.

Setiap pilihan hosting yang ada memiliki tujuan penggunaanya, mereke memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada artikel ini saya akan mengkhususkan untuk membahas beberapa kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh shared hosting.

 

Apa itu Shared Hosting?

shared hosting adalah layanan hosting termurah dari semua jenis hosting yang sudah saya sebutkan di atas. Layanan ini memiliki bandwith yang terbatas jika di bandingkan dengan jenis layanan hosting yang lain.

Pada prinsipnya shared hosting adalah anda membeli akun hosting yang servernya digunakan bersama dengan pengguna yang lain. Anda akan berbagi kapasitas server yang ada bersama dengan pengguna yang lain.

 

Kekurangan Shared Hosting

Kemungkinan Crash

Penggunaan oleh beberapa user dalam satu server tentunya memiliki potensi crash terutama ketika website mendapatkan traffic yang tinggi.

Misalnya jika dalam satu server tersebut terdapat 10 website yang memiliki traffic yang cukup tinggi maka akan mempengaruhi performa website misal website menjadi lambat di akses atau bahkan sampai terjadi crash.

Karena terbebani oleh beberapa web yang memiliki traffic yang tinggi dalam waktu yang bersamaan.

Tidak Seratus Persen Aman

Penerapan satu server yang di gunakan oleh multiple user ini tentunya tidak memiliki jaminan keamanan yang tinggi.

Penyalahgunaan fasilitas yang ada di dalam shared hosting ini tentu saja ada kemungkinanya.

Kurang Fleksibel

Kontrol atau akses yang di punyai oleh shared hosting sepenuhnya berada di tangan penyedia hosting, maka dari itu pengelolaan server dimiliki atau berada di tangan penyedia layanan jadi anda harus menghubungi technical support.

Keterbatasan Penggunaan Aplikasi

Ketika menggunakan layanan shared hosting kita hanya bisa menggunkan layanan yang sudah di tawarkan saja, kita tidak bisa leluasa menggunakan semua aplikasi yang kita inginkan seperti saat kita menggunakan layanan dedicated hosting.

 

Kelebihan Shared Hosting

Cocok untuk Pemula

Dengan harga yang lebih murah di bandingkan dengan paket hosting yang lain, shared hosting sangat cocok untuk pebisnis online pemula maupun blogger pemula.

Penggunaan Yang Mudah

Akses Control Panel yang dimiliki oleh shared hosting membuat hosting ini mudah di gunakan. Ketika anda membeeli paket shared hosting ini, maka anda akan di beri akses login ke cpanel.

Anda hanya tinggal masuk ke cpanel kemudian mulai menginstal aplikasi yang anda inginkan untuk di jalankan, seperti misalnya wordpress, joomla dan lain sebagainya.

Pemeliharaan Yang Mudah

Untuk masalah maintenance server sepenuhnya akan di lakukan oleh administrator, anda hanya tinggal menggunkan layanan hostingnya saja tanpa perlu repot untuk melakukan pemeliharaan berkala.

Berbeda kasusnya Ketika anda menggunakan VPS (Virtual Privat Server) masalah pemeliharaan ada ditangan pengguna, jadi jika anda malas melakukan maintenance tentunya akan menimbulkan masalah pada bisnis yang sedang anda jalankan.

Mudah Diupgrade

Masalah umum yang sering dialami olah para pengguna shared hosting adalah Ketika keceptan website yang melambat karena naiknya traffic, jika sudah seperti ini maka anda harus mengupgrade paket hosting yang anda miliki.

Anda hanya tinggal melakukan pemesanan paket hosting yang lebih tinggi kapasitas server yang dimiliki.

 

Kesimpulan

Shared hosting sangat cocok untuk anda yang memiliki budget terbatas ataupun bisnis bisnis UKM yang belum memiliki traffic yang begitu tinggi.

Bagi blogger pemula shared hosting juga adalah pilihan yang masuk akal. Salah satu penyedia layanan shared hoating yang saya rekomendasikan adalah niagahoster, silahkan anda membaca review niagahoster yang ada di website ini.