Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan melalui bisnis online.

Bisnis online sendiri, secara umum dapat menjadi suatu aset yang ideal dikarenakan biaya yang rendah, kemampuannya untuk dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, serta kemungkinan untuk menjual bisnis Anda pada semua orang di seluruh dunia.

Di era modern jaman serba internet ini berjualan pun mudah dilakukan secara online. Barang jualannya pun bisa bermacam-macam.

Berikut ini adalah langkah-langkah praktis untuk memulai bisnis online bagi pemula. Berjualan barang adalah bisnis yang paling mudah bagi pemula pelaku bisnis online.

 

Pilih Jenis Barang Jualan

Setelah menyediakan sambungan internet maka langkah awal berikutnya adalah dengan memutuskan barang jualannya. Langkah ini penting, setelah mendapatkan barang jualan yang tepat maka langkah selanjutnya bisa lebih mudah. Berikut ini adalah tips untuk menentukan barang jualannya.

 

Barang yang Banyak Dibutuhkan

Kebutuhan utama dasar manusia adalah pangan dan sandang. Bisnis di kedua bidang ini dapat dikatakan tak ada matinya. Pilihlah barang jualan yang banyak dicari dan sering dibutuhkan orang.

Bisa berupa makanan kecil ataupun lauk kering  atau minuman bubuk atau busana yang bisa berupa baju muslim bisa berupa kerudung atau jilbab instannya  atau gamis  atau baju anak-anak, kaos, atau daster, baju tidur, legging, rok, celana dan atasannya atau tas atau dompet hingga pernak-pernik aksesorinya seperti cincin, jam, gelang, kalung, sabuk dan lain sebagainya.

Bisa juga berbagai peralatan rumah tangga seperti keset  atau lap, atau sendok garpu, pisau dapur, gunting  atau berbagai peralatan tulis menulis dan sekolah atau buku dalam berbagai tema tulisan dan lain sebagainya.

 

Barang yang Mudah Didapat

Barang yang akan dijual tersebut selain merupakan barang yang banyak dibutuhkan orang juga harus dipastikan bahwa barang tersebut cukup mudah didapatkan, karena sebagai penjual haruslah bersiap untuk menyediakan barang jualannya tiap saat ada konsumen tang memesan dan hendak membelinya.

Sehingga perlu diperhatikan unsur ketersediaan pasokan barangnya secara lancar. Bisa berupa produk sendiri ataupun mengambil dari produksi pihak lain.

 

Barang yang Awet dan Ringan

Salah satu kunci sukses bisnis online adalah pada proses pengirimannya  yang harus cepat dan murah biaya ekspedisinya.

Sehingga pilihlah barang jualan yang awet bisa bertahan minimal hingga selama 3 hari, yakni waktu rata-rata yang diperlukan untuk mengirimkan barang pesanan hingga sampai ke tangan konsumen.

Barang tersebut juga sebaiknya ringkas, tidak terlalu besar dan juga cukup ringan sehingga tidak akan terlalu mahal biaya kirimnya.

Perlu diingat bahwa sebagian besar transaksi bisnis online itu gagal atau batal dikarenakan ongkos biaya kirim yang terlalu besar.

Siasati barang yang mudah rusak atau mahal biaya kirimnya agar bisa lebih awet dan lebih ringkas jika masih ingin menjualnya secara online.

Baik itu dari luar yakni perbagus kemasannya maupun dari dalam yakni dari produknya itu sendiri, seperti untuk minuman rempah maka bisa dibuat versi keringnya dalam bentuk bubuk minuman rempah sehingga akan mudah dalam pengirimannya dan lain sebagainya.

 

Pilih Media Untuk Berjualannya

Langkah berikutnya setelah menemukan barang yang hendak dijual ialah memilih media atau tempat jualannya. Bisa langsung bergabung pada salah satu marketplace yang sudah ada, yakni seperti Bukalapak  atau Shopee atau Tokopedia dan lain sebagainya. Bagi pemula hal ini adalah yang paling praktis dan mudah.

Cukup upload barang jualannya setelah mendaftar dan membuka toko online di salah satu atau beberapa marketplace tersebut.

Kelak jika bisnisnya sudah mulai membesar maka lalu bisa membuat website sendiri guna menjalankan bisnis tersebut secara lebih eksklusif.

Namun jangan pernah tinggalkan toko online di berbagai marketplace itu juga sebagai pelengkapnya karena potential buyer yang bisa didapat lewat berbagai marketplace tersebut cukup besar.

Bukalah toko online tak hanya di satu marketplace saja, guna menjaring lebih banyak pelanggan.

Tak ada ruginya membuka toko online di berbagai marketplace tersebut karena gratis dan juga tiap marketplace akan  menawarkan dan menyediakan berbagai fasilitas penunjang kelancaran bisnis jualan yang beragam, mulai dari adanya cashback, atau promo dan diskon juga hingga program free ongkos kirim hingga iklan dan lain sebagainya yang biss meningkatkan penjualan.

Tentunya akan sangat sayang sekali jika berbagai fasilitas tersebut dilewatkan begitu saja.

Selain itu juga terdapat beberapa konsumen yang fanatik terhadap salah satu marketplace sehingga jika toko online tidak juga dibuka di marketplace tersebut maka calln buyer  konsumen potensial tersebut tidak bisa terlayani.

 

Memilih Nama Toko Online

Pilih nama toko online yang tepat, yakni yang menarik namun mudah dieja dan mudah diingat oleh para konsumen.

Hendaknya namanya tidak terlalu umum namun cukup spesifik, sesuai ciri dan bisa mencerminkan jenis produk jualannya serta tidak terlalu rumit dan terlalu panjang.

Usahakan juga nama toko online tersebut sama di tiap marketplace. Bisa dilakukan riset terlebih guna mengetahui apakah nama tersebut telah dipergunakan oleh penjual lain di marketplace yang satu dan lakukan juga riset di marketplace yang lain.

Hindari penggunaan nama toko online yang mirip dengan toko online lain yang telah ada.

Pilih sinonim kata jika ada kata-kata yang sudah sangat umum dan sangat populer digunakan oleh banyak toko online yang lainnya.

Pilih nama yang unik dan khas namun tidak terlalu rumit dan terlalu panjang sehingga pelanggan pun mudah untuk mengingatnya, pilih juga nama toko online yang bisa membuat orang lalu ingat dengan jenis produk barang yang dijual di toko online tersebut.

Seperti contohnya nama toko online Baju Anak itu sudah sangat umum sehingga bisa dibuat nama lain seperti toko Busana Si Kecil misalnya  dan lain sebagainya.

 

Stand By dan Siap Kirim

Langkah berikutnya setelah membuka toko online adalah selalu siap dan rajin membaca chat dan order pesanan yang masuk, dan lalu segera mengirimkan barangnya ke alamat masing-masing tiap pemesan.

Lalukan secara teliti meski dilakukan dengan segera, namun jangan sampai tertukar atau terjadi salah kirim barang atau salah alamat pengiriman dan lain sebagainya yang akan bisa membuat pembeli kecewa.

Pastikan untuk menyediakan menu pilihan yang lengkap dan detail mengenai produk yang dijual pada menu pesanan, lengkapi dengan fotonya juga.

Contohnya untuk produk keset misalnya  maka sediakan menu untuk memilih pesanan yakni keset bermotif A atau motif B atau motif C dengan warna 1 atau warna 2 atau warna 3 dan juga ukurannya yakni bisa ukuran kecil  atau sedang atau besar.

Sediakan pilihan serinci mungkin, sehingga pembeli akan mudah untuk memilihnya sesuai selera dan kebutuhannya. Jangan lupa untuk selalu up date dengan jumlah stoknya.

Jangan sampai pembeli yang sudah terlanjur memesan menjadi kecewa karena barangnya yang sudah habis atau sedang kosong stoknya tapi masih dijajakan untuk dijual.

Sediakan juga pilihan untuk membeli barang secara random, guna pembeli yang tidak terlalu pemilih dan menyukai apapun jenis varian barangnya.

Cek kondisi barang yang hendak dikirim  jangan sampai ada yang cacat atau kurang agar tidak membuat pembeli kecewa dan juga guna meminimalkan komplain dan merugi karena harus mengirim ulang dan mengganti barang yang tidak sesuai atau cacat atau mengalami kerusakan.

Cobalah untuk memulainya segera, karena bisnis online itu sebenarnya mudah sekali dilakukan bahkan tanpa perlu modal yang cukup banyak. Hanya perlu jaringan internet saja dan semangat serta kemauan dan tekad yang kuat. Ketika ada kemauan pasti akan ada jalannya.

 

Membangun 4 Aset Penting Bisnis Online

Membangun bisnis online memerlukan waktu dan ketekunan. Banyak media bisnis online yang tidak langsung akan mendatangkan uang, jika yang Anda lakukan hanya 1 atau 2 kali post saja. Anda tidak menghasilkan banyak uang sekaligus pada awalnya, namun apa yang Anda harapkan adalah pada masa mendatang.

Ketika suatu ketika bisnis online Anda akan mendapatkan momentum, maka Anda akan menuai hasil kerja keras Anda. Momentum ini ditandai dengan meningkatnya traffic.

Anda tidak perlu mencoba terlalu keras untuk mendapatkan pengunjung (visitor), banyak peluang akan terbuka, dan meningkatkan pendapatan Anda secara cepat juga. Ketika hal ini terjadi, maka kerja keras Anda akan terbayar.

Adapun membangun 4 aset penting bisnis online dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

 

  • Buat Website

Website adalah tempat dimana Anda bisa blogging dan bebas menulis artikel untuk produk-produk Anda. Ini merupakan situs dimana pengunjung bisa mengakses dokumen melalui World Wide Web (WWW).

Homepage sifatnya umum, mencakup seluruh informasi yang berkaitan dengan produk Anda. Terdapat pula tombol navigasi (navigation bar) pada homepage yang akan mengarahkan pengunjung pada apa yang ingin mereka cari. Fungsi homepage adalah untuk menampilkan halaman utama dari sebuah situs web dan juga topik fitur..

Untuk membuat homepage, Anda perlu menentukan ide, mendaftarkan nama domain, memilih web hosting, memilih platform (WordPress, Joomla, Website Builder, dan sebagainya), kemudian editing isi homepage Anda dengan informasi yang relevan dengan produk yang Anda tawarkan.

Dari website ini, Anda dapat melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan traffic dengan cara mengambil keputusan berdasarkan survei dan analisa trend yang berkembang di pasaran, memonitor homepage secara berkala. Anda dapat menaikkan peringkat melalui SEO (Search Engine Optimization), yang juga dibarengi dengan kualitas konten yang Anda suguhkan, berupa update informasi yang berguna bagi pengunjung.

Terakhir, lakukan pengamanan pada website Anda.

 

  • Buat Landing Page

Landing page adalah halaman web yang khusus untuk mengarahkan konsumen pada halaman yang diinginkan, misalnya adalah halaman produk.

Singkatnya, landing page adalah halaman yang akan mengantarkan pengunjung pada kegiatan transaksi, mulai dari melihat produk yang Anda tawarkan, memasukkan pada keranjang belanja, dan melakukan pembayaran.

Semua ini dilakukan melalui tombol CTA (call to action).

Jika homepage berisi informasi umum, maka landing page berisi informasi khusus.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan dalam memilih tampilan pada landing page. Yang pertama adalah tampilan untuk satu produk per halaman (one option). Ini cocok bagi Anda yang hanya memiliki satu jenis produk untuk diperdagangkan.

Sementara multiple option akan cocok untuk Anda yang memiliki banyak produk. Tampilan multiple option akan memungkinkan Anda mendisplay berbagai jenis produk hanya pada satu halaman saja.

Landing page adalah salah satu media periklanan yang memiliki tampilan efektif dan efisien.

Pernahkah Anda mengunjungi suatu halaman, kemudian diminta untuk mengisi formulir yang menyatakan apakah Anda berkunjung sebagai tamu?

Salah satu cara kerja landing page adalah pengisian formulir tersebut, kemudian mengonfirmasi melalui e-mail atau nomor telepon. Informasi inilah yang akan pemilik bisnis dapatkan untuk kemudian bagi mereka akan lebih mudah dalam melakukan pemasaran.

Jika Anda ingin membuat landing page, hal yang pertama Anda lakukan adalah dapatkan domain, Anda kemudian pilih template yang Anda inginkan. Selanjutnya, pilih judul yang menarik namun tetap singkat. Anda juga bisa menambahkan headline.

Buat ilustrasi yang unik dengan deskripsi yang eyecatching namun tetap jelas dan memiliki inti. Selanjutnya, Anda bisa melampirkan URL ataupun customer service untuk berinteraksi dan mendapatkan feedback dari pengunjung atas kritik dan saran mereka.

 

  • Manfaatkan Marketplace dan E-commerce

Aset penting selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis online Anda adalah marketplace dan juga e-commerce. Apa beda marketplace dan e-commerce?

Marketplace memiliki konsep yang sama seperti halnya pasar, semua pedagang dari segala jenis dapat melakukan pemasaran dalam satu tempat.

Marketplace hanya menyediakan tempat untuk menggelar lapak bisnis Anda, namun tidak bertanggung jawab terhadap barang yang Anda jual.

Contoh marketplace yang terkenal di dunia adalah Amazon, e-Bay, Alibaba. Sementara yang terkenal di Indonesia, ada Bukalapak, Tokopedia, BliBli, JD,ID, Shopee, Lazada, Elevania, dan sebagainya.

Sedangkan pada e-commerce, brand menjadi pertimbangan utama dan tidak semua penjual dapat memasukkan produk mereka pada e-commerce karena ada kekhususan di dalamnya.

Jika pada marketplace Anda bahkan dapat menemukan produk pakaian dan peralatan rumah tangga dengan penjual yang berbeda-beda, maka pada e-commerce, Anda hanya akan menemukan satu penjual pada berbagai jenis produk. Contoh e-commerce adalah Hijabenka, Berrybenka, Tinkerlust, dan sebagainya.

Sebaiknya Anda pilih yang mana? Anda dapat memaksimalkan kedua jenis media pemasaran online tersebut.

Jika Anda fokusnya adalah menyiapkan toko online yang menjual berbagai jenis produk, baik produk Anda sendiri atau produk orang lain, maka marketplace lebih menguntungkan.

Sedangkan jika Anda mengutamakan membangun brand untuk produk Anda sendiri, maka e-commerce akan lebih baik bagi Anda.

 

  • Manfaatkan Media Sosial

Terakhir, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai ajang untuk memperluas bisnis online Anda. Pada media sosial, Anda akan mendapatkan koneksi yang nyata.

Namun, tentu jika dibanding dengan ketiga pilihan di atas, media sosial menjadi agaknya efektif hanya untuk sistem bisnis skala kecil saja.

Bagaimana Anda akan menangani ratusan bahkan ribuan order jika hanya menggunakan media sosial?

Meskipun begitu, media sosial sangat ampuh untuk melakukan promosi produk. Ada banyak media sosial yang akan membantu mempromosikan produk Anda, sebut saja Instagram, Facebook, Youtube, dan Twitter.

Tips yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat perencanaan yang terkait dengan target. Selain itu, buatlah konten yang menarik, baik gambar maupun caption.

Anda harus melakukan update rutinan untuk menghidupkan media sosial Anda dan melakukan engagement dengan para pengikut Anda. Jadilah komunikatif, informatif, dan edukatif.

Karena media sosial sifatnya terbuka dan mudah diakses tanpa kerumitan, maka pencurian dan penipuan sering kali terjadi pada platform media sosial.

Hati-hati pada konten Anda karena banyak yang bisa menyalahgunakan konten Anda tersebut. Pentingnya mencantumkan disclaimer supaya produk Anda tidak dicuri dan disalahgunakan orang lain.

Demikian cara untuk membangun 4 aset penting bisnis online yang perlu Anda ketahui. Keempat aset ini akan saling melengkapi kekurangan yang dimiliki satu sama lain, sehingga Anda akan dapat melakukan pemasaran dengan menyeluruh.