Cara Memilih Nama Perusahaan Yang Bagus & Hoki

Setiap perusahaan memang memerlukan sebuah nama. Dimana nama ini merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan yang berdiri. Bahkan tak jarang untuk melakukan pemilihan nama diperlukan cara memilih nama perusahaan yang bagus & hoki.

 

Kenapa Nama Perusahaan itu Penting

Suatu perusahaan harus memiliki sebuah nama. Dimana nama ini nantinya bisa dijadikan sebagai sarana identitas dari bisnis yang anda jalankan. Maka dari itu keberadaan dari nama suatu perusahaan sangatlah penting.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa nama suatu perusahaan begitu penting.

 

Bisa Menjadi Suatu Hal yang Mudah Diingat Oleh Konsumen

Jika anda anda akan menjalankan suatu bisnis dan mulai memperkenalkan produk maupun bisnis hal pertama yang akan masuk ke dalam ingatan calon konsumen anda adalah nama dari bisnis anda.

Jika proses pengenalan nama dari bisnis yang anda jalankan sudah berhasil maka akan berlanjut pada proses pembelajaran produk yang anda tawarkan sebelumnya. Sebisa mungkin gunakan nama bisnis yang mudah diingat oleh calon konsumen.

 

Menjadi Media Presentasi Bisnis Anda

Memang benar memiliki nama suatu bisnis harus unik agar mudah diingat oleh para calon konsumen. Akan tetapi selain hal tersebut sebaiknya anda juga melihat makna dari nama yang dipilih tersebut.

Sebisa mungkin setiap nama yang digunakan bisa mempresentasikan bagaimana bisnis anda tersebut. Jika anda sudah bisa menemukannya, maka orang akan lebih mudah untuk mengganti nama sekaligus produk yang anda jugal.

 

Sebagai Pembeda

Didunia ini bisnis yang anda jalankan pastinya memiliki berbagai macam pesaing. Bahkan tak jarang para competitor yang anda miliki produk yang sama dengan anda. Nah dengan adanya suatu nama perusahaan bisa menjadikan setiap produk yang anda jual memiliki pembeda.

Tentunya hal tersebut bisa membuat anda lebih mudah untuk melakukan promosi setiap bisnis yang anda jalankan. Selain itu setiap nama yang unik akan membuat orang memiliki pertimbangan untuk menggunakan produk yang anda tawarkan.

Dengan begitu pastikan setiap nama yang dipilih memiliki kemungkinan membuat konsumen tertarik untuk memilih setiap produk yang anda pasarkan.

 

Menjadi Bahan Pembicaraan

Jika memang nama yang anda pilih memang memiliki keunikan dan memang bisa menggambarkan bagaimana bisnis maupun produk yang anda jual. Maka akan ada kemungkinan bahwa setiap orang akan mulai membicarakan nama dari bisnis anda.

Semakin banyak orang membicarakan maka semakin tinggi peluang produk maupun bisnis yang anda jalankan memiliki penggunanya. Pastikan juga bahwa setiap hal yang berkaitan dengan nama bisnis yang dijalankan selalu yang terbaik.

Hal ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas dengan apa yang anda buat maka mereka akan menggunakan barang anda produksi tersebut.

 

Cara Memilih Nama Perusahaan yang Bagus & Hoki

Memilih nama suatu perusahaan memanglah tidak mudah. Pasalnya diperlukan sebuah Cara Memilih Nama Perusahaan yang Bagus maupun beberapa pertimbangan lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika akan memilih nama yang akan digunakan.

 

1.Gunakan Nama yang Mudah Diingat

Setiap pemilihan nama sebaiknya gunakan kata yang mudah diingat. Boleh saja anda menggunakan sebuah kata yang keren. Permasalahannya adalah ketika anda memilih suatu nama yang notabene keren akan tetapi memiliki tingkat kesulitan dalam proses pengerjaan bisa menyebabkan calon pembeli akan susah mengingat nama perusahaan anda.

Lebih baik gunakan sebuah nama yang mudah diingat oleh setiap orang. Hal ini bertujuan agar setiap calon pembeli maupun pembeli yang sudah menggunakan semua produk yang anda jual akan kembali menggunakan produk tersebut.

 

2.Gunakan Nama yang Belum Digunakan Competitor Lain

Setiap pemilihan nama sebaiknya harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak ada kerancuan maupun plagiarisme. Beberapa perusahaan lain memang sudah ada yang melakukan pendaftaran hak cipta akan nama yang mereka gunakan.

Maka dari itu penting sekali melakukan pengecekan terkait dengan pemilihan nama yang akan digunakan, agar terhindari dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

 

3.Gunakan Nama yang Unik

Poin ketiga ini masih berkaitan dengan poin kesatu. Pasalnya setiap pemilihan nama harus unik agar bisa menarik perhatian orang lain dan tetap mudah diingat orang lain. Bahkan nama unik tak jarang membuat orang akan merasa penasaran akan perusahaan anda.

Alhasil setiap orang akan mencari tahu bagaimana perusahaan anda tersebut. Hal ini adalah keuntungan tersendiri bagi anda. Pasalnya semakin banyak yang mencari tahu maka semakin tinggi jangkauan pengguna perusahaan anda.

 

4.Pilih Kata yang Banyak Diketahui

Hal selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan kata haruslah kata yang mudah diketahui oleh banyak orang. Penggunaan kata asing akan mempersulit orang mengingat perusahaan yang anda jalankan.

Makna dari poin keempat ini sangat penting menjadi pertimbangan yang dilakukan.

 

5.Alternatif Menggunakan Nama Keluarga

Beberapa orang memang menggunakan nama keluarga sebagai nama perusahaan yang dipilih. Hal ini digunakan bukan karena tidak ada alasan nya. Pasalnya penggunaan nama keluarga bisa menambahkan rasa percaya diri.

Bahkan bisa memberikan semangat untuk bisa menciptakan hasil terbaik. Semakin baik perusahaan yang anda jalankan maka nama keluarga anda akan tetap terjaga dan tidak akan pandang remeh oleh orang lain.

 

6.Gunakan Nama yang Pendek dan Simpel

Selain unik ternyata pemilihan nama yang pendek dan simpel adalah hal yang paling tepat. Hal ini dikarenakan orang akan lebih mudah mengingat nama perusahaan yang notabene pendek daripada nama yang panjang.

Sebagai contoh kasusnya adalah anda akan lebih mudah untuk mengingat nama pendek seseorang daripada nama panjang dari orang tersebut. Hal ini juga berlaku untuk nama suatu perusahaan.

Maka pertimbangakn penggunaan nama yang pendek dan simpel..

 

7.Adanya Sebuah Cerita

Akan lebih baik lagi jika pemilihan nama memiliki sebuah cerita dibaliknya. Hal ini bertujuan agar karakter dari perusahaan anda bisa diwakilkan dari pemilihan nama tersebut.

 

8.Mencoba Untuk Mengeja Nama yang Dipilih

Sebaiknya ketika anda memutuskan untuk menggunakan suatu nama, alangkah lebih baik jika dieja lebih dahulu. Baca berkali-kali, jika memang pada tahap pembacaan memiliki kendala. Maka sudah bisa dipastikan bahwa nama yang dipilih tidak cocok untuk digunakan.

Begitupun sebaliknya, jika pada saat proses pembacaan nama yang dipilih begitu mudah maka akan ada kemungkinan para masyarakat umum akan lebih mudah mengingatnya. Dan anda pun bisa dengan mudahnya menggunakan nama tersebut.

 

9.Perhatikan Arti Nama Dalam Bahasa Lain

Lambat laun perusahaan yang anda jalankan pasti akan mengalami perkembangan. Tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan tersebut akan bisa sampai pada pasar internasional. Tentunya ketika memilih nama juga harus memperhatikan bagaimana arti dalam Bahasa lain.

Sebisa mungkin bahwa setiap nama yang dipilih memiliki arti yang baik jika diartikan dalam bahasa lain.

 

10.Cobalah Untuk Melakukan Test Pada Orang Lain

Penting sekali mengetahui bahwa nama perusahaan anda pilih memang terdengar bagus untuk orang lain. Salah satu cara untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan tes nama yang anda pilih terhadap orang lain.

Minta masukan dari mereka apakah nama yang anda pilih terdengar bagus atau bahkan malah terdengar aneh.

 

11.Cobalah Menyandingkan Dengan Nama Perusahaan Lain

beberapa nama perusahaan memang terdengar hampir sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. pastikan nama yang akan anda gunakan tidak mirip sama sekali dengan nama kompetitor lainnya.

jika saja mirip dengan nama kompetitor lain yang notabene sudah memiliki pasar yang begitu besar maka perusahaan anda tidak akan mudah untuk terlihat lebih mencolok. maka dari itu pilih nama yang belum digunakan dan tidak mirip sama sekali dengan kompetitor lainnya.

 

12.Hindari Penggunaan Nama Tempat

Jika anda memutuskan untuk memiliki jangkauan yang luas sebaiknya hindari penggunaan nama tempat. Boleh saja menggunakan nama tempat akan tetapi nama dan lokasi dari perusahan anda haruslah sama.

Beberapa orang beranggapan bahwa setiap perusahaan yang menggunakan nama tempat hanya melayani konsumen dalam lingkup tempat tersebut. Hal ini bisa memperlambat jalannya perkembangan dari bisnis yang anda jalankan.

 

13.Aturan Dalam Pemberian Nama Suatu Perusahan

Ketika anda melakukan pemilihan nama ternyata ada beberapa aturan yang harus anda ketahui. Mungkin aturan yang akan dijelaskan di bawah ini jarang terdengar oleh anda. Maka dari itu penting sekali anda membaca beberapa aturan berikut ini ketika hendak melakukan pemilihan nama perusahaan.

 

14.Nama yang Dipilih Tidak Boleh Sama

Jika anda ingin melakukan pemilihan nama suatu perusahaan sebaiknya hindari penggunaan nama yang sama. Selain membuat anda tidak begitu mencolok dibandingkan dengan kompetitor lain ternyata aturan tidak boleh menggunakan nama yang sama sudah ada didalam pasal.

 

15. Nama Perusahaan Haruslah Terdiri Dari 3 Kata Berbahasa Indonesia

Setiap perusahaan yang didirikan oleh orang Indonesia memang harus memuat minimal 3 kata Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan agar memudahkan pembedaan suatu perusahaan lokal dengan perusahaan orang asing.

Bahkan hal ini sudah diatur dalam sebuah pasal.

Nama perusahaan tidak boleh bertentangan dengan ketertiban umum dan kesusilaan

Setiap penggunaan dan pemilihan nama tidak boleh melanggar ketertiban umum maupun kesusilaan. Dengan begitu anda tidak diperbolehkan memasukkan unsur sara ketika akan memilih suatu nama.

 

16. Pemilihan Nama Harus Sama Dengan Tujuan Perusahaan

Setiap pemilihan nama suatu perusahaan harusnya sesuai dengan tujuan perusahaan. Jangan sampai nama dari perusahaan bertolak belakang dengan tujuan dari perusahaan anda. Hal ini juga sudah tertera pada pasal yang berlaku.

 

Cara Menjaga Nama Baik Perusahaan

Ketika sudah memilih dan menemukan nama yang baik maka tugas anda sebagai pendiri perusahaan tersebut belumlah selesai. Pasalnya anda juga harus menjaga nama baik perusahaan. Untuk menjaga nama baik perusahaan sebenarnya bukan dari anda saja, para pekerja yang ada di perusahaan harus ikut membantu.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika hendak menjaga nama baik perusahaan.

 

Peka

Hal pertama yang harus dilakukan adalah peka. Maksudnya adalah mengetahui setiap resiko yang akan terjadi. Memang benar yang namanya bisnis tidak bisa terhindar dari yang namanya kerugian.

Maka dari itu jika memang akan mengambil langkah pastikan bahwa resiko yang dibuat tidaklah begitu besar, sehingga nama perusahaan tetap terjaga.

 

Menanggapi Setiap Masalah

Dalam perjalanan suatu bisnis pastinya akan mengalami yang namanya permasalahan. Baik permasalahan kecil maupun permasalahan besar. Setiap permasalahan yang terjadi sebaiknya tidak diabaikan.

Jangan anggap remeh setiap permasalahan, bahkan bisa diartikan bahwa adanya suatu permasalahan yang besar dimulai dari permasalahan kecil yang diabaikan. Jika memang anda menghadapi komentar negatif yang diberikan oleh pelanggan terhadap perusahaan anda.

Maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa poin cara menyelesaikan masalah tersebut.

Anda bisa mengabaikan setiap komentar negatif tersebut dan semakin menjadi pemicu agar lebih baik lagi.

Yang kedua adalah anda bisa mencoba untuk meminta maaf dan memberikan penjelasan agar mereka bisa menggunakan sebuah komentar positif pada perusahaan anda.

Mengganti setiap kerugian yang mereka dapatkan adalah opsi terakhir yang bisa dilakukan.

Dengan ketiga poin diatas, maka anda bisa memilih sesuai dengan kehendak anda. Pilih yang memang bisa dilakukan tanpa merugikan kedua belah pihak.

 

Mengatasi Permasalahan Kecil Dengan Cepat

Adanya permasalahan besar tidak terlepas dari permasalahan kecil yang diabaikan. Pasalnya jika anda tidak segera menyelesaikan suatu permasalahan kecil maka akan bisa menjadi pemicu terjadinya permasalahan yang semakin besar.

Sebaiknya segeralah menyelesaikan setiap permasalahan kecil yang ada. Jangan anggap remeh, karena semakin kecil permasalah yang dihadapi maka penanganannya tidak membutuhkan suatu tenaga yang lebih. Begitupun sebaliknya.

 

Kebijakan Dalam Menggunakan Media Sosial

Saat ini hampir setiap perusahaan memiliki akun sosial media. Akun sosial media ini dijadikan jembatan untuk berinteraksi dan melakukan promosi terhadap calon pelanggan maupun pelanggan lama.

Agar nama baik bisa tetap terjaga maka pengelolaan suatu akun sosial media haruslah diperhatikan dengan baik. Pastikan bahwa pekerja yang bertugas menjalankan akun sosial media bisa memiliki etika dan mengetahui aturan mainnya.

Jelaskan setiap aturan dalam penggunaan sosial media perusahaan. Jangan sampai hanya karena ketidaktahuan mereka akan aturan yang berlaku membuat citra perusahaan menjadi lebih tidak baik.

 

Menjalin Komunikasi yang Baik

Pada poin kelima ini masih ada hubungannya dengan poin keempat. Pasalnya setiap pemegang akun sosial media perusahaan haruslah mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan baik terhadap pelanggan.

Membangun komunikasi yang baik adalah suatu kunci yang harus dijaga.

Gunakan Perusahaan Manajemen Reputasi Online

Di Dalam penggunaan sosial media tidak ada aturan main. Sehingga mereka yang menggunakan sosial media bisa secara bebas untuk beromentar. Walaupun saat ini sudah ada undang-undang yang berlaku.

Akan tetapi masih ada beberapa orang yang mengabaikan hal tersebut. Ada beberapa oknum yang memang berani memberikan berita hoax terhadap suatu perusahaan. Terkadang berita tersebut bisa mempengaruhi orang lain.

Jika hal tersebut terjadi maka anda sebagai pemilik perusahaan bisa meminta bantuan dari perusahaan manajemen reputasi online.

Dengan bantuan dari mereka maka penekanan akan berita hoax yang tersebar, isu-isu yang beredar bisa sedikit berkurang.

Tak jarang mereka juga bisa membantu meningkatkan profil perusahaan.

Beberapa hal diatas merupakan  penjelasan terkait dengan Cara Memilih Nama Perusahaan yang Bagus dan beberapa hal lainnya yang terkait.

Perlu diingat bahwa pertimbangan-pertimbangan seperti yang sudah dijelaskan bisa sangat berguna sekali bagi anda jika hendak memilih suatu nama perusahaan.

 

Next : VPN Terbaik